Jalan-jalan & Berburu Buku Di Kwitang

Sejak selasa lalu saya berada di Jakarta yang panas ini. Memang seminggu ini saya diizinkan untuk bekerja dari Jakarta, bukan di Bandung seperti biasanya. Sekalian menemani Istri sebelum ia resign dari tempat kerjanya sekarang dan menemani saya di Bandung, asyik !!! πŸ™‚

~ Siang ini … (Hari keempat di Jakarta) ~

Di hari keempat ini, tiba-tiba timbul keinginan membeli buku. Tapi kalau beli ditoko-toko buku besar kurang seru, akhirnya teringat bahwa ada banyak penjual buku di Jl. Kwitang Raya yang tidak jauh dari Senen. Tahu tempat itu dari film AADC dimana Dian Sastro dan Nicholas Saputra pernah cari buku disana (ketahuan deh suka nonton film ABG bareng adik-adik he he).

Untuk menuju kesana, karena bukan orang Jakarta seperti biasa lihat peta dulu, ternyata tidak jauh dari Monas dan Gambir. Untuk menuju Gambir, berdasarkan petunjuk Istri, dari Mampang Prapatan jalan sedikit dulu menuju perempatan yang menghubungkan Mampang dan Kuningan, lalu naik Kopaja 20 yang ke arah Kuningan. Nanti turun di daerah Patung Tugu Tani.

Tugu Tani

Dari Patung Tugu Tani bisa jalan kaki menuju Taman Gunung Agung dimana disana juga terdapat Toko Gunung Agung yangΒ  pertama dan Toko Buku Wali Songo yang terkenal itu.

taman gunung agung

taman gunung agung 2

Setelah menyusuri Taman Gunung Agung, di ujung jalan mulai terlihat lapak-lapak dan kios penjual buku hingga pinggiran Jl. Kramat Jaya. Bahkan ada buku-buku yang dijajakan dengan digeletakan begitu saja di pinggiran trotoar. Sebetulnya tidak semua buku yang dijual buku bekas, ada juga buku-buku yang masih terbungkus rapi meski agak berdebu. Jika diperhatikan bahkan buku-buku terbitan yang terbilang masih baru pun tersedia.

Karena tidak ada rencana mencari buku tertentu, saya agak lama mencari dan membolak-balik buku. Setelah keliling-keliling akhirnya saya memperoleh 5 buku.

Buku dari Kwitang

  1. Politik untuk Kaum Muda (Sarwono Kusumaatmadja)
    • Saya pilih karena saya tidak mengerti dan tidak begitu tertarik dengan kata “Politik”.
  2. Memahami Teknologi Informasi, Menyikapi dan Membekali Diri Terhadap Peluang dan Tantangan Teknologi Informasi (Budi Rahardjo)
    • Wah baru tahu, ternyata Pak Budi pernah menulis buku ini. Pasti menarik buku ini πŸ™‚
  3. Menyembuhkan Bangsa Yang Sakit (Amien Rais)
    • Ingin tahu saja pendapat Pak Amien Rais tentang negara ini.
  4. Mengasah Sense of Humor(Achmanto Mendatu)
    • Siapa tahu habis baca buku ini bisa menyaingi Tukul Arwana he he
  5. Abu Nawas Melihat Malaikat, Kisah-Kisah Teladan Untuk Buah Hati Tercinta (Ibnu Wastho)
    • Kisah-kisah Abu Nawas selalu menarik dan biasanya sangat jenaka.

Semua buku totalnya Rp.100.000. Bagi yang pintar dan tekun menawar pasti harganya bisa turun lagi. Benar-benar perjalanan berburu buku yang menyenangkan. Ok, selamat berburu buku ya …

Iklan

12 thoughts on “Jalan-jalan & Berburu Buku Di Kwitang

  1. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    Iya mas disana terdapat Toko Buku Wali Songo yang khusus menjual buku dan kitab islam, toko buku ini satu induk dengan Toko Gunung Agung. Selain itu terdapat penjual buku dan kitab islam di kios-kios dan lapak-lapak. Mengenai harganya bisa ditawar kok Mas, yang pasti banyak buku unik dan harganya lebih murah, mungkin karena ambil langsung dari penerbit.

    Balas
  2. wanti annurria

    masih banyak yah penjual buku di kwitang,, setau saya dikwitang banyak penjual yang kena gusur pemda jakarta.. sebagian pindah ke proyek senen dan sebagian lagi ke jacc deket HI..

    oia,, selamat atas pernikahannya ya mas,, moga langgeng terus.. **mana niy liputan prosesi pernikahannya… πŸ˜‰
    mohon maaf lahir bathin juga,, n met menjalankan ibadah puasa..

    Balas
    1. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

      Memang sepertinya tidak sebanyak dulu. Tapi masih ada kok, sebagian memang ada yang ke Senen. Liputan prosesi pernikahan saya ya ? Seharusnya orang lain yang meliput he he. Mohon maaf lahir dan batin juga, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan πŸ™‚

      Balas
  3. ratutebu

    waaaa.. aku dulu jugah rajin ke kwitang gara-gara AADC.. fiuhhh..
    pernah juga jalan2 ke kwitang kepagian.. khi3 tidur deh ditaman ituuu… 😳

    aku nyari liputan pernikahan mas rayyan niii.. hayooo siapa yang ngeliput?? bagi dunk…

    Balas
  4. Ardian

    Mas, saya baru ni aja tinggal di Bogor. Saya masih buta daerah jabodetabek maklum dari lahir tinggal di Jogja. Kalau mau ke Kwitang dari Stasiun Bogor Rutenya gmna yak? Suwun

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s