Agen 007 vs Agen Perubahan

Semua pasti sudah tahu siapa itu Agen 007. Tepat sekali !!! Agen 007 adalah nickname untuk James Bond, agen rahasia Inggris yang terkenal itu.

Bagaimana dengan Agen Perubahan ? Agen Perubahan adalah sebutan untuk pelaku yang melaksanakan Change Management atau Manajemen Perubahan. Kalau kata wikipedia berarti :

Change management is the process during which the changes of a system are implemented in a controlled manner by following a pre-defined framework/model with, to some extent, reasonable modifications.

Beberapa lalu saat menghadiri Sharing Vision dengan tema IT Human Resource Management, pada sesi change management, Pak Budi Rahardjo mengatakan bahwa inti dari manajemen perubahan adalah adanya proses yang bertahap jika ada atau akan terjadi perubahan pada suatu organisasi.

Peran manajemen perubahan ini akan terasa makin penting, jika perubahan yang terjadi berhubungan dengan orang banyak. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat kita ingin menjalankan manajemen perubahan dengan baik :

  1. Berusaha secara perlahan-lahan menjelaskan tujuan perubahan, untuk menghapus keraguan atas manfaat perubahan itu.
  2. Selalu melibatkan target (pengguna) yang mau dirubah dalam proses perubahan, seperti mengajak diskusi.
  3. Harus ada keuntungan langsung yang dirasakan target yang mau dirubah (pengguna).
  4. Kalau bisa diadakan sistem reward and punishment. Ini yang sulit, karena biasanya yang diadakan hanya punishment saja he he he

Menurut saya manajemen perubahan tidak hanya untuk organisasi saja. Dalam kehidupan sehari-hari pun bisa diterapkan, misalnya dalam lingkungan keluarga dan lain-lain.

So, selamat menjadi Agen Perubahan yang baik bagi sekitar Anda … 🙂

* * *

Om_Farad_007

Hayo Tebak !!! Agen 007 atau Agen Perubahan, atau kedua-duanya sekaligus. Ampun Om Farad, nemu foto ini di server he he 😛

Iklan

2 thoughts on “Agen 007 vs Agen Perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s