Berpikir Irrasional Saat Memilih Sesuatu

Kamis – Jumat lalu saya menghadiri Sharing Vision New Pricing Framework for Telco Services: Predictable Irrasional. Instrukturnya Pak Angger, kali ini single fighter ya Pak 🙂

Tema yang menarik, salah satunya adalah pembahasan faktor-faktor yang membuat kita berpikir irrasional saat memilih suatu produk atau layanan menurut Dan Ariely, yaitu :

Framework-Irrational

1. Placebo (sugesti)

Kita akan merasa lebih nyaman dengan produk sepatu bermerk dengan produk sepatu yang sama  persis tapi belum ada merknya, padahal kualitasnya sama. Atau ada yang pernah coba menggunakan obat murah serba Rp.1000 keluaran pemerintah, jangan-jangan Anda ragu dengan khasiatnya karena harganya murah padahal kualiatas dan manfaatnya sama dengan yang lain.

Placebo dapat menjadi negatif, contohnya iklan-iklan televisi, misal iklan operator telekomunikasi yang memberikan pemikiran tarif murah tapi tidak menjelaskan syarat dan ketentuan berlakunya.

2. Relativitas (pembanding dan umpan)

Misalnya ada 2 produk layanan jasa internet broadband. Paket pertama unlimited seharga 90.000 perbulan,  paket kedua sama-sama unlimited tapi plus modem seharga 110.000 perbulan selama setahun. Hayooo pilih yang mana ? Pasti paket plus modem lebih banyak dipilih, karena memang paket tanpa modem hanya untuk umpan atau pembanding agar konsumen merasa yakin memilih paket unlimited plus modem.

3. Gratis

Mirip-mirip dengan relativitas. Beli 2 gratis 1, beli laptop gratis webcam, hal ini membuat tertarik, meskipun tanpa disadari sebenarnya harga barang yang digratiskan sudah dimasukkan juga dalam harga total.

4. Anchored

Harga awal yang dimunculkan pada suatu produk atau layanan baru, biasanya akan terpatri atau diingat terus oleh kita, misalnya layanan sms yang pakai reg reg reg-an  itu lho, harganya pasti 200o.  Atau RBT yang berkisar 5000-9000 an.

5. Price of ownership

Kita bisa menerima dan memberikan harga yang lebih tinggi terhadap barang yang biasa kita gunakan dan penting. Misalnya kita tidak keberatan jika tarif internet broadband naik Rp.  1000, toh selama menggunakan kualitasnya selalu baik dan tidak perlu bolak-balik warnet lagi, jadi sayang jika tidak berlangganan lagi gara-gara harganya naik.

6. Norma

Pilih mana, membeli CD Original, CD Bajakan atau MP3-nya ? Jawab sendiri ya he he 🙂

* * *

Menurut saya 6 faktor diatas boleh-boleh saja digunakan asal masih memperhatikan aspek transparasi (fair). Bagaimana menurut Anda ?

One thought on “Berpikir Irrasional Saat Memilih Sesuatu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s