Jangan Stress Melakukan Pengadaan TI

Apa yang ada di benak teman-teman jika mendengar kata KORUPSI. Seram ya ? Memang benar seram, karena perbuatan seseorang yang dilakukan saat ini, bisa jadi 20 tahun kemudian dianggap melakukan tindak pidana korupsi.

Indonesia sendiri saat ini menempati peringkat ke-3 negara terkorupsi di Asean. Sepertinya mengalami penurunan ya ? Jika benar terjadi penurunan, semoga hal ini dapat terus ditingkatkan sehingga nanti Indonesia dapat benar-benar menjadi negara yang bersih dari korupsi.

peringkat-korupsi-indonesia

Dugaan korupsi di Indonesia yang utama adalah dalam hal pengadaan barang dan jasa, termasuk pengadaan teknologi informasi (TI). Untuk pengadaanTI, peringkat teratas dugaan korupsi yaitu dalam hal pengadaan komputer.

Terlepas dari benar atau tidaknya dugaan-dugaan korupsi itu, hal ini tentu membuat banyak perusahaan menjadi takut atau enggan untuk  melakukan pengadaan TI, ya gimana nggak takut, wong belum apa-apa , sudah diduga melakukan tindak pidana korupsi.

Tapi serba salah juga ya ? Jika perusahaan tidak melakukan pengadaan TI, nanti bisa-bisa malah tertinggal dengan kompetitor, atau lebih buruk lagi tidak dapat meningkatkan kualitas proses bisnis serta melayani customernya.

Lalu bagaimana caranya  agar perusahaan dapat melakukan pengadaan TI tanpa rasa takut akan terkena dugaan tindak korupsi. Seperti yang kita ketahui, yang diduga korupsi itu bukan hanya karena melakukan mark up dana, terkadang mereka hanya lalai atau luput melaksanakan salah satu poin dalam prosedur atau aturan yang telah ditetapkan.

Menurut ahli hukum Danrivanto Budhijanto dalam melakukan pengadaan TI, perusahaan harus meresapi dan menjiwai peraturan yang berkaitan dengan pengadaan TI, buatlah checklist untuk menjamin dan memastikan tidak ada satu poinpun prosedur pengadaan yang tidak dilaksanakan.

kepres-no_80_dan_perubahannya

Pakar TI, Arry Akhmad Arman juga menambahkan bahwa sebaiknya perusahaan membuat standar dalam pengadaan TI. Tentu saja standar dibuat berdasarkan knowledge SDM dan budaya perusahaan itu sendiri ditambah best practice yang sudah ada misalnya Project Management Body of Knowledge (PMBOK).

Secara kelengkapan,  penggunaan prosedur dalam manajemen proyek TI yang diberikan oleh PMBOK telah mencakup semua aspek, termasuk sudah selaras dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia (Keppres No.80 Th 2003 beserta perubahannya) (*)

~ ~ ~

* Resume singkat beberapa sesi dalam event Sharing Vision : Pengadaan Teknologi Informasi, 16-17 April 2009, Bandung. Masih ada sesi menarik yang belum ditulis, seperti “Metodologi Penentuan Owner Estimate”, lain kali mau ditulis dalam postingan yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Iklan

3 thoughts on “Jangan Stress Melakukan Pengadaan TI

  1. wanti annurria

    fuiihh… postingannya berat niy mas… :p

    “karena perbuatan seseorang yang dilakukan saat ini, bisa jadi 20 tahun kemudian dianggap melakukan tindak pidana korupsi”

    maksudnya,,, kenapa baru 20 tahun kemudian dianggap korupsi… keburu abis donk hasil korupsinya…???

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s