Zona Ideal untuk Hidup

Tadi pagi saya membaca artikel menarik berjudul “Kepler dan Pencarian Saudara Semesta” (Kompas 11 Maret 2009). Tentang sebuah misi kepler yang mencari zona ideal hidup lainnya.

Misi kepler bertujuan menemukan planet di luar tata surya yang menyerupai Bumi. Jadi, yang akan dicari kepler adalah planet kecil (tidak sebesar Jupiter atau Saturnus) dan bebatuan, yang mengorbit bintang induk (seperti Matahari) dengan jarak yang tepat.

Artinya, jarak tersebut tidak terlalu dekat sehingga air mendidih, tetapi juga tidak terlalu jauh sehingga air membeku. Jarak yang ideal bagi kehidupan ini sering disebut sebagai “Zona Bisa Didiami” (habitable).

* * *

Kepler adalah teleskop yang akan diluncurkan ke luar angkasa dan mengorbit mengelilingi Matahari sehingga pandangannya tidak terhalang Bumi.

Hal ini masih merupakan bagian dari usaha menjawab pertanyaan, apakah ada planet yang juga bisa didiami di luar galaksi kita, jika ada kemungkinan besar di planet itu juga terdapat makhluk hidup yang menunggu komunikasi dengan kita (bumi).

Terlepas dari usaha diatas, saya sangat kagum dengan yang mendesain alam semesta ini. Planet Bumi diletakan di posisi ideal untuk mengorbit matahari , sehingga Bumi dapat didiami, bandingkan dengan posisi Pluto yang membuat suhu menjadi beku atau posisi Mars yang suhunya panas sekali. Subhanallah !!!

Iklan

One thought on “Zona Ideal untuk Hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s