Bagaimana Agar Tidak Cinta Dunia ?

Sering sekali mendengar nasihat yang mengingatkan saya agar tidak terjebak dengan kecintaan terhadap duniawi. Dari beberapa literatur juga sering saya temui nasihat-nasihat serupa, seperti :

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS.Ali Imran, Ayat 185)

“Barang¬siapa hatinya terpaut pada dunia maka dia akan tersangkut pada tiga hal: kesedihan yang tiada berakhir, angan-angan yang tak berujung, dan harapan yang tak kunjung datang.” Imam Ja`far Ash-Shadiq (Biharul Anwar 73:120)

Beberapa nasihat-nasihat tentang cinta dunia ini sudah lama ada dalam pikiran saya. Dunia bukan tempat bersenang-senang tapi bukan berarti kita tidak boleh menikmati kehidupan ini. Jadi apa batasan cinta terhadap dunia ya ?

Pertanyaan inilah yang terus ada dalam pikiran saya. Setelah menunggu sekian lama alhamdulillah beberapa hari lalu saya menemukan sedikit jawabannya, meski belum menjawab secara keseluruhan tapi saya rasa sudah cukup sebagai permulaan untuk lebih mengenal makna “tidak cinta dunia”. Jawaban saya peroleh dalam diskusi singkat bersama orang yang saya anggap cukup mengerti masalah ini, kira-kira seperti ini diskusinya :

> Apa batasan agar tidak cinta dunia ya ? Kalau bekerja sangat keras itu termasuk cinta dunia ?

Kalau bekerja justru kewajiban. Bekerja yang halal untuk membantu diri sendiri, keluarga dan orang-orang disekitar Anda.

> Jadi bagaimana ya caranya menjalani kehidupan ini agar kita tidak terjebak dengan cinta kepada dunia ?

Kunci sederhana untuk menjalani kehidupan yang terbebas dari cinta dunia ada 3 (tiga)

Pertama, tidak sombong, tidak pongah. Ingat kita adalah ciptaan Allah. Sesama manusia tidak boleh merendahkan manusia yang lain.

Kedua, jangan tamak. Selalu tidak puas dengan rezeki yang diberikan, selalu merasa kurang, kurang dan kurang.

Ketiga, jangan iri hati. Melihat teman atau orang lain meraih sukses kita merasa tidak senang. Atau tetangga membeli handphone baru, kita tidak mau kalah ikut-ikutan membeli handphone yang lebih baru lagi.

* * *

Kira-kira seperti itu diskusinya. Dari diskusi tersebut terdapat beberapa kunci untuk menjalani hidup yang menurut saya cukup sulit untuk dilakukan, karena sering kali melanggar tanpa disadari.

Jadi ada PR buat saya, bagaimana agar bisa selalu ingat hal-hal diatas, karena suka tidak sadar saat melanggarnya ?

3 thoughts on “Bagaimana Agar Tidak Cinta Dunia ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s