Memori Penipu & Alat Prioritas

Saat bangun tidur adalah saat yang tepat untuk menuliskan “apa yang harus dilakukan hari ini?” atau”apa target hari ini?” Tentu saja akan lebih baik lagi jika dilakukan sebelum tidur semalam, tapi biasanya saya malah ketiduran duluan sebelum menulis sesuatu, jadi paling sering saya lakukan waktu subuh.

Kenapa harus ditulis ? Gampang saja, tentu biar tidak lupa. Sekedar informasi, menurut Drucker salah satu hal yang tidak boleh kita percayai adalah memori manusia, untuk itu biasakan mencatat secara berkesinambungan.

Oke kita sudah punya target yang harus dicapai hari ini. Lalu bagaimana jika tiba-tiba ada keinginan untuk melakukan hal lain, atau bagaimana jika tiba-tiba ada pekerjaan tambahan.

Untuk mengatasi ini kita dapat menggunakan alat bantu prioritas yang saya sadur dari buku Focal Point-nya Brian Tracy. Alat bantunya seperti dibawah ini :

prioritas1

  1. Segera & penting
  2. Segera tetapi tidak penting
  3. Tidak segera tapi penting
  4. Tidak penting dan tidak segera

Alat bantu diatas sangat sederhana, tapi manfaatnya terasa sekali. Bisa digunakan sendiri atau tim. Di ruangan kerja, saya tempel dengan ukuran A3. Jika ada pekerjaan atau kegiatan di luar rencana hari ini, maka kita dapat menentukan, pekerjaan itu berada di area mana 1,2,3 atau 4.

Setelah itu mari dikerjakan saja !

5 thoughts on “Memori Penipu & Alat Prioritas

  1. intan

    Gara-gara memori manusia…Mas Rayyan sempet kehabisan baju karena bajunya sedang di laundry & ga tau harus ngambil di laundry mana, karena yang dititipinnya sakit dan banyak hal yang terlupakan….hihihi…pantesan rada-rada bau asem ga ganti baju berapa hari Mas?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s