Kenapa Suka Samkok ?

Apapun yang berbau kisah Samkok saya pasti suka. Di barat Samkok dikenal juga dengan kisah The Romance of Three Kingdom. Kisah ini diambil dari sejarah Cina, kalau tidak salah sekitar abad 2 M dan 3 M.

Latar belakangnya dimulai saat Dinasti Han yang berkuasa di Cina runtuh. Mulai saat itu wilayah Cina terbagi-bagi, selain Kaisar Cina terdapat para panglima perang yang menguasai wilayah-wilayah tertentu. Tiga kerajaan yang paling memiliki pengaruh saat itu adalah Negara Wei yang dipimpin oleh Cao Cao, Negara Shu yang dipimpin oleh Liu Bei dan Negara Wu dipimpin oleh Shun Quan.

Mulai Mengenal Samkok

Kisah Samkok banyak dijadikan ilham untuk pembuatan karya sastra, novel, komik, film bahkan game. Saya sendiri tahu kisah ini awalnya dari game. Judul game yang saya mainkan adalah The Romance of Three Kingdom. Sebuah game  city building dan strategi perang.

romance-of-the-kingdom

Hi hi hi, tampilan game diatas masih sangat kuno ya ? Saya mainkan menggunakan komputer berdisket besar dan layar CGA hitam putih, tapi saat itu sangat mengasyikan lho . Kita harus mengatur pertanian agar rakyat bisa makan, pajak yang tidak memberatkan, penanggulangan bencana, trading sampai strategi perang disaat berhadapan dengan negara tetangga.

Red Cliff

Saat ini sedang ramai film Red Cliff II. Tentu saja, film ini wajib saya tonton. Red Cliff adalah sebagian kecil dari seluruh kisah Samkok yang kompleks. Sebagai penggemar Samkok, Red Cliff berhasil memuaskan kerinduan saya akan film-film bertema serupa.

nonton-red-cliff-bareng

Setelah Nonton Red Cliff II : Karakter favorit saya ialah 5 Jendral Macan andalan Liu Bei. Zhao Yun dengan tombak andalannya ada dalam diri Mas Fran, Guan Yu dengan Guandao andalannya ada dalam diri Mas Primus, Zhang Fei yang ahli bertempur dengan tangan kosong ada dalam diri Pak Doel, Ma Chao yang gesit ada di dalam diri Mas Wendy. Saya sendiri menyukai karakter Huang Zhong yang ahli dalam hal memanah.

Hmm … selain 5 Jendral Macan tadi, siapa lagi ya ? Karakter Sun Shangxiang saya rasa ada dalam diri Rizka. Wah masih ada yang belum kebagian karakter. Okky serupa dengan Cai Mao dan Hadi yang mengambil foto diatas kebagian peran Cao Cao. Maaf ya Hadi dan Okky, kehabisan tokoh favorit he he he

2 thoughts on “Kenapa Suka Samkok ?

Tinggalkan Balasan

