Apa yang Harus Dimiliki Seorang Konduktor ?

Hal utama apa yang harus dimiliki dari seorang konduktor untuk memimpin sebuah grup orchestra. Ternyata bukan karena dia paling bisa dan mengerti musik. Atau bukan juga karena ia sanggup memainkan bermacam alat jenis musik.

Hal yang paling penting harus dimiliki seorang konduktor adalah kemampuan untuk memahami manusia. Kemampuan untuk memahami perasaan setiap personil dalam grup orchestra yang dia pimpin. Kemampuan untuk mengerti dan mencari tahu kenapa salah satu personil menurun kualitas bermainnya, sehingga mempengaruhi penampilan orchestra secara keseluruhan. Apakah personil itu sedang sakit atau tertimpa suatu masalah. Setelah mengetahui penyebabnya, seorang konduktor harus mampu mengembalikan kemampuan bermusik personilnya dan terus memberikan dukungan agar personil tersebut dapat meningkatkan kemampuannya (*)

* Terinspirasi dari serial Nodame Cantabile

* * *

Mungkin tidak hanya berlaku untuk seorang konduktor, hal diatas juga berlaku untuk para pimpinan di negara ini, para direktur & manajer perusahaan, manajer & kapten sepakbola, pemimpin militer dan lain-lain.

Bagaimana pendapat Anda ?

8 thoughts on “Apa yang Harus Dimiliki Seorang Konduktor ?

  1. Khairulu

    Saya tidak setuju.

    Menurut yg sy baca dr Drucker (dan bercampur dg lainnya), sy menyimpulkan: konduktor yg baik punya ‘rasa bermusik’ lebih baik dr pemain. Dia menciptakan ‘visi’. Kemudian dia mampu ‘mendengar dana bagus dan jelek’ lebih baik, artinya dia punya instrumen pengukur kualitas yg luas biasa. Ketiga, dia , tegas memilih sumberdaya terbaik, artinya mampu mengenali pemain berbakat dan -maaf- mengurangi porsi yg tdk berbakat (mngkin yg ini dr Jim Collins, Good to Great).

    Dari pengamatan, baik dia humanis atau kasar, hasilnya sama2 bagus (tdk terpengaruh relationship). Bedanya mungkin, kalau dia kasar pemain terbaiknya sgr pindah ke orkestra lain, menyisakan para pemain buruk yg tidak punya pilihan utk pindah.

    🙂

    Balas
  2. Khairulu

    Sori koreksi:

    Dana maksunya ‘nada’

    Luas biasa maksudnya ‘luar biasa’

    Itulah akibat ngetik tanpa koreksi ulang. Langsung ‘upload’ saja (spt laporan sdh deadline, hehe)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s