Play Pump, Inovasi Menyenangkan Untuk Mendapatkan Air Bersih

1 Milyar orang saat ini tidak punya akses air bersih. 6000 orang tewas per hari hanya karena air yang tidak bersih. 80 persen penyakit di dunia juga disebabkan oleh air yang tidak bersih . Lebih jauh lagi 40 milyar jam terbuang sia-sia hanya untuk mencari dan mengangkut air bersih yang biasanya dilakukan oleh perempuan & anak-anak.

Betapa pentingnya air bersih ya ? Tapi kadang-kadang kita suka boros dalam menggunakan air bersih. Perhatikan kamar mandi kita, di toilet umum atau di tempat wudhu. Tak jarang air mengucur terus dari keran, padahal tidak ada yang menggunakan. Entah kerannya memang rusak atau lupa dimatikan atau jangan-jangan memang cuek sengaja tidak mematikan. Semoga karena benar-benar lupa. Sudah tugas kita yang melihat dan mendengar kucuran air percuma itu untuk mematikan keran itu. Sayang khan air bersih itu terbuang sia-sia.

Keberadaan air bersih di dunia yang makin susah diperoleh ini  juga membuat lembaga Play Pump International melakukan inovasi dengan menciptakan Play Pump. Play Pump merupakan alat pompa air yang dibuat menyerupai komedi putar di taman bermain anak-anak. Jadi selain mengalirkan air bersih, Play Pump juga membawa kegembiraan kepada anak-anak. Seperti ini bentuknya :

Jika air bersih dapat diperoleh dengan lebih mudah dan cepat, maka anak-anak dapat bersekolah & bermain, mereka tidak perlu lagi menghabiskan waktu jauh-jauh mencari dan mengangkut air bersih.

Disaat anak-anak asyik bermain di komedi putar (1), air bersih terpompa (2) dari tanah (3) ke dalam tanki berkapasitas 2,500 liter  (4). Lalu air mengalir kedalam Pompa yang penggunaannya mudah (5) hal ini membuat orang dewasa maupun anak-anak mudah mengambil air bersih.

Inovasi yang menarik ya, sepertinya sangat cocok digunakan di daerah-daerah tertinggal di Indonesia 🙂

Sumber utama : Play Pump International

Iklan

8 thoughts on “Play Pump, Inovasi Menyenangkan Untuk Mendapatkan Air Bersih

  1. Pakde

    Hemat energi…hemat biaya main games…bagus buanget. Mangga Realisasikan….!! nanti saya lihat hasilnya…proyek gede nih… hik hik hik.
    Sekarang kebutuhan masyarakat akan air dengan kondisi pam yang suka mampet 3 kali sehari. Saat ini memang di butuhkan yang beginian (playpump). Dengan kerekan/katrol sudah boring.

    Tapi kalau dikampung itu nggak ada anak2..karena kebetulan pada sekolah siapa yang main komudi puter nya Bang?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s