Know Can Do !

 

Ada beberapa trik untuk mempelajari atau mengerjakan sesuatu. Menurut Ken Blanchard dkk dalam buku Know Can Do !, hal ini yang harus diperhatikan :

Pertama, Awas kelebihan informasi. Artinya dalam mempelajari sesuatu atau mengerjakan sesuatu jangan sampai kita belajar lama tapi pengetahuan yang kita dapat itu sedikit. Kalau bisa belajar lebih sedikit tapi pengetahuan yang kita serap lebih banyak. Jadi ingat kata Mas Pandu & Mas Fran, too much information, will kill you ha ha ha . Misalnya saat mengerjakan tugas, waktu kita habis untuk mencari berbagai sumber literatur, e-book , dll. Terus saja kita merasa kurang dengan sumber yang ada, padahal sumber yang sudah ada belum pernah dibaca atau diresume he he he

Kedua, Hindari penyaringan negatif. Artinya disini kita harus mendengarkan dengan pola pikir positif, jadi jangan belum apa-apa sudah beranggapan bahwa yang kita dengarkan tidak ada manfaatnya. Anggap saja lampunya sedang hijau terus, jadi tidak ada lampu merah untuk berhenti mendengarkan.

Ketiga, Sebarkan energi positif. Nah!! Yang ketiga ini juga sangat penting, terutama bagi yang belajar atau bekerja secara tim. Setiap anggota tim harus saling mengeluarkan energi-energi positif, seperti memberi semangat, dukungan, optimis atau memberi bantuan dalam bentuk yang lain. Tujuannya tentu untuk meraih keberhasilan bagi diri sendiri dan anggota tim yang lain. 🙂 (*)

 

* Trims Mas Primus, bukunya bagus, bukunya sudah aku balikin lho 😛

5 thoughts on “Know Can Do !

  1. JoVie Baik

    Maas, Bagus nih artikelnya…
    taapi kayaknya kata2nya ada yang kurang Pas :
    yang nomor 1 :

    —-Terus saja kita merasa kurang dengan sumber yang ada, padahal sumber yang sudah ada belum pernah dibaca atau diresume he he he—–
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    bukankah itu sama aja kurang informasi bukannya “kelebihan informasi” — itu sama aja orang tersebut gak mau belajar dan kurang info…..

    mungkin yang pantas : Much information supposed to be much action….
    jadi, kita tetep harus punya informasi sebanyak2nya tapi di setiap informasi kita harus cepet bergerak….

    ==================================================

    no.2 : Hindari penyaringan negatif :
    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
    mungkin yang pantas adalah :hindari pemikiran negatif

    ==================================================

    itu aja kok Mas..complainnya..karena kebanyakan orang tertarik untuk membaca yang di bold/belakag nomor….

    saya juga belom pinter kok Mas..kalo ada yang salah, saya minta maaf..

    lam kenal..

    Balas
  2. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ Jovie yg Baik
    Aku ikut komentar he he
    Yang Nomor 1 :

    jadi, kita tetep harus punya informasi sebanyak2nya tapi di setiap informasi kita harus cepet bergerak….</

    Aku setuju dengan pendapatmu ini Jovie, karena tujuannya kurang lebih sama, hanya beda interpretasi aja he he he

    Mungkin harus saya tambahkan sedikit ya, maksudnya jangan sampai kita dalam mempelalajari satu hal lebih banyak disibukan dengan mencari sumber secara terus menerus, sedangkan sumber yang sudah kita peroleh sebelumnya belum dibaca atau diperdalam he he he ( moga-moga kali ini lebih tepat he he he)

    Yang Nomor 2 :
    Hindari Penyaringan Negatif saya ambil memang dari judul salah satu Bab-nya, tapi betul Jovie mungkin akan lebih pas dengan “hindari pemikiran negatif”

    BTW, terimakasih complain dan sarannya, nggak perlu minta maaf ha ha ha
    Salam Kenal juga,
    Langsung mampir ketempatmu ah … 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s