Kerjakan Saja !!!

Tidak semua orang mudah melakukan sesuatu atau mempelajari sesuatu hal yang baru, apalagi jika hal yang ingin dipelajari atau dilakukan berasal dari domain yang berbeda. Saya rasa hal ini berlaku bagi semua orang, termasuk saya.

Pada dasarnya saya adalah tipe yang senang mempelajari sesuatu yang baru. Ya belajarnya tidak selalu serius-serius amat, hanya sekedar membaca, membolak-balik buku, mencatat dan lain-lain. Itu pun dengan catatan sedang mood dan tidak mengantuk he he he

Musuh terbesar dalam mempelajari sesuatu yang baru adalah diri sendiri. Saya tidak bisa, tidak akan mengerti, nggak mudeng, ini di luar bidang saya, merupakan kata-kata yang biasa diucapkan disaat menyerah dalam mempelajari sesuatu yang baru. Ini seperti seorang tentara yang sudah menyerah terlebih dahulu sebelum bertempur.
Bagaimana ya cara mengatasi sikap menyerah sebelum bertempur ?

Menurut Richard Branson hal yang harus ditanamkan di pikiran adalah KERJAKAN SAJA. Buat apa pusing-pusing kerjakan saja. Saya tidak akan pernah mengatakan saya tidak dapat mengerjakan ini karena saya tidak tahu caranya. Saya akan mencobanya terlebih dahulu. Saya tidak ingin membiarkan aturan-aturan konyol menghentikan saya. Saya akan menemukan cara yang halal untuk mengatakan rintangan yang menghalang.

Bagaimana jika tidak punya pengalaman sama sekali ?

Apabila anda ingin menerbangkan pesawat, pergilah ke lapangan terbang. Mungkin menjadi pelayan yang mengantarkan teh. Buka terus mata, perhatikan & belajar. Atau jika anda ingin menjadi penata rambut, melamar saja menjadi tukang sapu di tempat potong rambut itu sekaligus memperhatikan cara memotong rambut yang benar.

Konsep buka mata & memperhatikan ini juga dimiliki oleh Kakashi. Itu lho, salah satu guru Naruto. Kakashi memiliki kemampuan untuk memperhatikan dan meniru jurus lawan dengan seketika. Julukan lain kakashi adalah The Copycat Ninja.

Tapi bukan berarti kita harus selalu meniru dalam mempelajari sesuatu yang baru. Kita pasti selalu punya cara sendiri, meniru & memperhatikan hanyalah salah satu proses belajar ….

———-

KERJAKAN SAJA, salah satu prinsip dari 9 prinsip dari Richard Branson CEO Virgin Group. Prinsip yang lain adalah :

  • Bersenang-senanglah
  • Jadilah pemberani
  • Tantang diri sendiri
  • Berdiri di atas kaki sendiri
  • Nikmati setiap detikmu
  • Hargai teman dan keluarga
  • Bersikap hormat
  • Berusaha berbuat baik
     

Iklan

16 thoughts on “Kerjakan Saja !!!

  1. rindang

    kerjakan saja mas!! bikin teh.. bikinin teh buat tetangga sebelah.. bikinin teh buat bapak2 di luar.. bikinin teh buat ibu2 di luar.. 😛

    Balas
  2. ratutebu

    yaaapppp.. kerjakan saja..

    ibarat kata..

    lakukan 7 A

    action.. action.. action.. action.. action.. action.. action..

    jadi.. semakin dekat dengan tujuan.. jangan lupa.. semangatttt!!!

    btw, pinjemin bukunya doong mas.. :mrgreen:

    Balas
  3. Rindu

    Kalau tujuan baik, pasti apa yang dikerjakan baik .. tergantung niat. Jadi mas mulai dengan niat yang baik dan KERJAKAN. begitu yakin just do it 🙂

    Balas
  4. Ping balik: Jangan Percaya Memori, Tentukan Prioritas «

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s