Kisah 47 Ronin

Undang-undang Pelestarian Hidup melarang pembunuhan terhadap binatang, meski binatang itu mengganggu. Petani yang dulu sangat berhasil terpaksa mengemis mencari kerja karena dilarang membunuh hama yang merusak tanaman. Serigala, musang, burung dan serangga berkeliaran dengan bebas di ladang, sementara petani hanya dapat melihat tanpa dapat berbuat apa-apa. Undang-undang yang aneh itu masih ditambah dengan pajak sangat tinggi yang dibebankan terhadap petani.

Saat itu awal abad ke-18, Jepang dilanda kekacauan. Istana Shogun yang berada di Edo (sekarang Tokyo), marak dengan pameran kemewahan, korupsi, serta pesta-pora di kota tua Kyoto. Sama sekali jauh dari aturan sosial. Para samurai pun mulai terbawa dengan gaya hidup yang sebetulnya bertentangan dengan prinsip mereka sebagai seorang samurai.

Tapi Lord Asano tidak termasuk pada golongan yang terbawa arus. Lord Asano masih memegang teguh prinsip-prinsip seorang samurai sejati. Karena keteguhan hatinya itu Lord Asano harus bersitegang dengan Lord Kira, pejabat istana yang gemar melakukan korupsi & menerima suap. Karena pertengkaran itu, Lord Asano dihukum mati karena telah menyerang pejabat istana. Lord Asano meninggal dengan cara seppuku.

Selain itu wilayah, kastil & tanah milik Lord Asano disita oleh Shogun. Istri, anak & para samurai pengikut Lord Asano harus pergi dan mencari tempat berteduh baru. Para pengikut samurai Lord Asano kini menjadi Ronin, yaitu samurai yang tidak memiliki tuan.

Para ronin ini tahu bahwa tuan mereka Lord Asano tidak bersalah. Untuk itu mereka menyusun rencana balas dendam kepada Lord Kira. Mereka memegang teguh prinsip bahwa “tak satu pun manusia boleh hidup di bawah satu langit dengan pembunuh majikannya:.

Para ronin yang tadinya berjumlah ratusan, pada akhirnya hanya tersisa 47 orang. Mereka ini yang masih bertekad membalaskan dendam kematian tuan mereka. Apakah mereka berhasil membunuh Lord Kira yang didukung oleh Shogun ? Seperti apa rencana mereka ? Biar seru baca tuntas Kisah 47 Ronin karangan John Allyn.

Among flowers, the cherry blossom;

Among men, the samurai. ( Pepatah Jepang )

Iklan

10 thoughts on “Kisah 47 Ronin

  1. uwiuw

    sy pernah mendengar kisah ini dikutip singkat difilm ronin yg diperanin robert de niro. namun detailnya tidak terlalu tahu. btw, quote quotenya sedikit menggugah. boleh sy kutip ?

    Balas
  2. arifrahmanlubis

    salam kenal.

    kisah-kisah samurai selalu melegenda karena keteguhan hati dan kuat karakternya.

    jadi pengen baca kisahnya 🙂

    Balas
  3. cobunder2

    wew, memang keren nih buku… walau ga selengkap novel seperti taiko ataupun musashi.. saya tertarik dengan banyak novel jepang.. tapi sayang hanya sedikit yg masuk indonesia

    Taiko dan Musashi favorit saya 🙂

    keep posting yo……

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s