Saran Untuk Mbak Berbaju Orange

xl.jpgMasih ingat dengan mbak disamping nggak ? Saya tidak membicarakan tentang pribadi mbak ini. Tapi saya ingin curhat tentang produk yang ditawarkan mbak ini. Saya menggunakan 2 nomor dari operator yang berbeda. Yang satu memang sudah saya gunakan sejak memiliki HP pertama kali dan saya gunakan untuk keperluan pekerjaan.

Sedangkan untuk nomor kedua saya memilih operator tempat mbak disamping bekerja, saya gunakan untuk menghubungi keluarga saya yang sama-sama menggunakan produk operator ini. Sebut saja orange ya, karena mbak ini menggunakan baju warna orange he he.

Saya sudah merasakan manfaat menggunakan orange, ada sms gratis perhari yang jumlahnya cukup untuk menghubungi semua keluarga saya, ada tarif flat murah baik antara sesama operator maupun operator yang berbeda. Ya seperti operator lain pada umumnya, layanannya belum sempurna, terkadang ada saja hal-hal yang mengurangi kenyamanan seperti koneksi yang tiba-tiba putus atau tidak jelas, untuk hal ini saya masih maklumlah, semoga kualitas orange dapat terus membaik.

Gagal isi pulsa terus …

Nah kalau yang ini saya terpaksa menulis di post ini, semoga orange mau mendengarkan pelanggannya ini. Sejak hari seminggu lalu itu saya tidak pernah berhasil mengisi pulsa si orange, baik itu yang elektrik maupun fisik. Esoknya terdengar kabar bahwa ada gangguan teknis, info sama juga saya terima setiap saya gagal mengisi pulsa.

Beberapa hari kemudian terdengar kabar bahwa gangguan teknis sudah dapat diatasi. Teman-teman yang menggunakan orange juga sudah bisa mengisi pulsa kembali. Tapi anehnya orange milik saya kok belum normal, tetap tidak bisa isi pulsa 😦

Customer Service yang membingungkan …

Saya putuskan menghubungi call center (818)

Tekan 1 untuk bla bla bla … (ah bukan ini)

Tekan 2 bla bla bla bla … ( bukan ini juga)

Tekan 3 bla bla bla bla … (waduh yang mana ya ?)

Tekan 4 bla bla bla … (dimana ya ?)

Tekan 5, tekan 6, 7 sampai 9 … ( masih belum ketemu juga nih)

Tekan 0 untuk keluhan … (nah ini dia yang saya cari, oke tekan 0)

Selanjutnya terdengar perkataan : “Untuk berbicara dengan operator representatif kami tekan 817 pada HP anda, setiap panggilan akan terkena biaya Rp. 350 atau hubungi 021-57959817 dengan pulsa umum”.

Haalaaah!!! Tahu begitu dari tadi saya langsung saja menghubungi 817, capek deh 🙂 Saat saya coba hubungi 817 gagal terus nggak masuk-masuk. Oke kalau begitu saya coba nomor 021-57959817, saya menunggu cukup lama sambil mendengarkan berbagai promosi RBT, maklum call centernya lagi sibuk.

Akhirnya saya berhasil menghubungi call centernya langsung

Call center menjelaskan bahwa sejak tanggal 28 Februari 2008, terdapat pergantian sistem. Sehingga bagi pelanggan Xtra diwajibkan mengirimkan SMS : REGULAR ON ke 5566, baru nanti bisa isi pulsa lagi. Lho mbak, tapi saya baru terkena masalah gagal isi pulsa itu minggu lalu lho, akhir bulan maret. Ya sudah mas dicoba dulu mengirim SMS ke 5566, kata call center tersebut sebelum mengakhiri pembicaraan.

Setelah saya coba ternyata berhasil, hoooreee saya sudah dapat menggunakan si orange kembali. Dari pengalaman saya ini ada beberapa hal yang perlu digaribawahi untuk perbaikan orange dan operator lainnya yaitu :

  1. Seharusnya ada line khusus untuk menanggapi keluhan pelanggan secara cepat, jangan digabungkan dengan line yang berisikan promosi-promosi layanan yang banyak jenisnya. Pelanggan jadi kebingungan …
  2. Kalau terjadi apa-apa, seperti gangguan teknis atau perubahan sistem, mohon pelanggan diberitahulah, minimal via sms juga tidak apa-apa. Jangan lupa beritahu bagaimana cara mengatasi masalahnya, jangan biarkan pelanggan bingung karena kesalahan operator itu sendiri.

Demikian pengalaman dan saran saya untuk si orange dan provider lainnya. Sekali lagi ini hanya saran untuk membuat orange dan operator lainnya agar tambah maju dan tetap disayang sama pelanggannya. Dan sekali lagi, post ini tidak membahas mbak berbaju orange diatas he he he

Iklan

11 thoughts on “Saran Untuk Mbak Berbaju Orange

  1. jagrag

    lupa tadi mau komen apa… arrgghhh *gr2 nunggu loading dan diselingi ngisi komen di blog pak arry

    mm.. o iya!

    Padahal jumlah konsumen kan yang mereka kejar, dapet satu kok ga disayang-sayang…
    satu aja yang terbukti tetap setia karena bisa uneg2 di blog, yang lain? udah kabur kali, atau mbuang simcardnya ke ujung dunia, “muke lu jauh, ke laut aja sono…”

    Balas
  2. gajahkurus

    Saran saya untuk mbak berbaju orange, tolong diperhatikan dan ditindaklanjuti keluh kesah mas Rayyan…
    Terserah mbak, mau ngasih perhatian macam apa dan dilanjut di mana 🙂

    Balas
  3. indra kh

    entah kenapa menghubungi call center rata2 dibuat susah dan ribet. Hal yang sama pernah saya alami, cuman bukan sama orange, tapi operator yang punya nol-nya banyak muncul dari laut. Masalah itu baru clear setelah mengirim e-mail.

    Balas
  4. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ Mozamal
    Si orange oke, apanya yang oke mas ?

    @ Rindu
    He he

    @ Indra KH
    Iya biasanya call center seperti itu, malah (kadang) tidak ramah, ramahnya dibuat-buat, konsumen bisa merasakan lho, pelayanan yang tulus dengan yang tidak tulus.

    @ Rully
    Wah mas rully ternyata pelanggan yang (sangat) setia. Gimana pengalamannya mas ?

    Balas
  5. Rully

    dari awal punya mobile phone sampai sekarang, gak pernah ganti no (ganti simcard, udah beberapa kali).
    dari mulai tarif paling mahal, sampai tarif paling murah.
    hig risk kalo ganti no & (sekarang) ganti sim card.
    ya … dinikmati aja. :mrgreen:

    Balas
  6. Budi Sulistyo

    Sama dengan Rully, saya juga gak pernah ganti smp sekarang. Berapa banyak ya orang2 yang seperti saya, yg setia dan nrimo, :D. Harusnya si operator memberi reward khusus utk orang2 baik seperti saya ini

    Balas
  7. Ping balik: Ponsel Tahan Banting « Rayyan Sugangga, Ayo Berbagi …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s