Merebus Jahe Sendiri Untuk Menghilangkan Masuk Angin

Jika jamu tolak angin & wedang jahe instant sudah tidak mempan lagi mengatasi masuk angin. Ada solusi lainnya, beli saja jahe di pasar. Kemarin dibelikan Pak Doel di Pasar Simpang, 1 kilonya Rp.6000. Wuiihhh banyak banget. Iya memang banyak sekali, dapat jahe satu plastik besar, bandingkan jika membeli jamu tolak angin atau wedang jahe instant, lebih murah beli jahenya langsung khan 🙂

Bagaimana cara mengolahnya ?

Kata Mbak Dwi, ambil jahe secukupnya jangan lupa dicuci dulu. Setelah itu dipukul atau dikeprok pakai ulegan, lalu rebus dengan air mendidih. Setelah merebus jahenya dirasa cukup, tuangkan langsung ke gelas, kalau mau boleh disaring dulu. Tambahkan gula pasir atau gula secukupnya. Siap diminum panas-panas, hmm… rasanya sedap banget. Dijamin masuk badan langsung hangat & masuk angin langsung hilang. Selain menghilangkan masuk angin, jahe juga memiliki khasiat lain. Seperti artikel dibawah ini :

Jahe juga menambah nafsu makan dengan merangsang selaput lendir perut besar dan usus. Bagi yang sering menderita mabuk, darat atau laut, jahe bermanfaat mencegah mabuk. Bahkan ada pakar yang menyatakan, tanaman ini bermanfaat pada kasus iritasi ginjal. Sebagai obat luar, parutan jahe juga bisa dipakai sebagai kompres untuk mengobati rematik dan sakit kepala. (Sumber dari sini)

Semoga bermanfaat. (*)

* Lagi ngeblog sambil minum wedang jahe buatan Pak Doel. Bagi yang mau buat, di kulkas masih banyak tuh Jahenya 🙂

15 thoughts on “Merebus Jahe Sendiri Untuk Menghilangkan Masuk Angin

  1. Tur Wahyudin

    sangat bermanfaat banget buat orang yang di Bandung

    Diingiiiiiiiiiin bro…

    ( maaf, lam kenal ya !!! )

    Tukeran link yuks…!!! 🙂

    Saya mau minta izin link kamu akan kutaruh di blogroll situs aku jadi biar mudah carinya.

    Balas
  2. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    Iya memang cocok buat daerah Bandung yang dingin. Ada cara lain, potong jahe sesuai selera. Lalu langsung rendam saja di segelas air panas. Diamkan beberapa saat. Tambahkan gula pasir atau gula merah. Siap diminum panas-panas. Semoga bermanfaat ya.
    Oh iya salam kenal juga. Ayo tukaran link, link-mu sudah aku pasang 🙂

    Balas
  3. Rindu

    Saya pernah nyetir dari Jakarta ke Bandung jam 9 malem, dengan rombongan temen kuliah cuma untuk minum wedang jahe di sariater (lembang) … emang enak, hangat dan hangat… 🙂

    Balas
  4. gajahkurus

    Wedang jahe, suka tuh. Dulu suka bikin sendiri, jahe direbus, airnya diambil, campurkan gula merah atau madu. hemmm…..nikmat!

    Dimakan mentah (dilalap) juga enak lho mas. Selain jahe ada beberapa bumbu dapur yg bisa jadi lalap bagi yg suka misalnya; sereh (serai), kunyit 😀

    Balas
  5. rnazahra

    hmm….. bagi dong mas wedang jahenya… 😉
    eh.. kenal wedang kan…
    Soalnya kalo di sini rebusan jahe biasanya di bilang wedang gitu

    Ah… jadi pengen mbikin wedang jahe nih…
    pas aq nulis komen ini, di gresik lagi ujan lebat soalnya :mrgreen:
    Dingiiiin…..

    Balas
  6. doelsoehono

    sebetulnya wedang jahe itu setahu saye mah bisa menambah kehangatan tubuh

    dan jahe yang masih mentah bisa untuk urut bila mana kita merasa capek habis

    olahraga gitu dengan di campurkan dengan panas-panas kuku he….he….bilangnya

    tukang pijit

    Balas
  7. jagrag

    Pak duuull.. pesen pijit pake jahe!!

    Mas Rayyan, lebih enak lagi anget dobel impact: jahe sama istri
    mas wendi udah bisa… mas Rayyan aja yang belum

    Balas
  8. jagrag

    waduh… ralat ya kome saya di atas:

    Mas Rayyan [koma] lebih enak lagi anget dobel impact [titik dua] jahe sama istri [TITIK]
    mas wendi udah bisa [titik titik] mas Rayyan aja yang belum

    kurang titik. nanti dimarahin mas Wendi saya…

    Balas
  9. Rully

    Jahe juga menambah nafsu makan & nafsu … dengan merangsang …

    wah … thanks infonya.

    bener kata mas jagrag, ayo … mas Rayyan juga bisa. :mrgreen:

    /* kabur */

    Balas
  10. machfudi

    Ass.wr.wb. semoga sehat adanya memang kalau stamina menurun dan apalagi sedang bepergian membawa stamina buruk tersambung lagi problem besok pas tanggal bayar hutang fikiranpun buyar dalam lamunan memandang sekeliling seakan kosong seperti tak bertepi biarpun badan berada dalam bus tapi hayal menggelandang seakan naik pesawat yang terlihat seperti mendung seakan gelap tak tanpa ujung sesekali buyar dalam lamunan karena seorang penjual asongan menawarkan rokok menjawabpun berat hanya tangan melambai kode isyarat tidak membelipun tersampaikan hayal lamunanpun berlanjut dalam hayal karena tujuan memang belum menampakkan hidungnya berlanjut hayal mencari di mana pun menggema dalam fikiran di putar kesana kemari tetap tak bertemu solusi akhirnyaun terhanyut lagi menggapai seandainya saya anaknya donald trum mungkin aku tinggal meminta untuk menutup hutang saya begitu berkila fikiran dalam hayal saling bicara dan perutpun terasa mual memang kondisi badan tidak memungkin untuk pergi atau stamina memang sedang down apa di kata masuk akan angin pun menyelinap dalam tubuh kata angin minta ijin masuk tidak mungkin boleh begitu angin berkata tak beberapa lama perutpun kembung berbunyi buk..buk..seperti sanzak buat latihan petinju keringat dinginpun tersampaikan datang tak di undang ha..ha..ha.. saya datang akhirnya seperti mualpun mengikuti wek..wekk mau munta tidak bisa pusing teriring pusing kepala datang nyutt…nyut..nyutttt cekot..cekot begitu bro masuk angin tapi tidak mengapa bila kalian bepergian supaya tidak masuk angin entah angin dari pesawat terbang entah angin dari kapal laut cara pertama jangan biarkan perut kosong sewaktu hendak berangkat apalagi bepergian jauh menyusuri benua ibarat caranya terutama untuk orang lemah jantung maka sebelum naik kendaraan minumlah madu murni jangan aspal kalau aspal agak hitam dan pada kertas tipis bisa tembus itu namanya madu aspal asli tapi palsu minum 3 sendok saja di campur garam dan lebih enak lagi jahe dan bawang merah kalian masukkan dalam abu tungku kalau tidak ada kalian bakar gak apa terus kalian memarkan masuk ke susu empuk eee keliru saya maksud susu bubuk terus kalian beri air mendidih lalu jahe dan bawang yang sudah kalian memarkan tadi masukkan jangan lupa kalian kupas dahulu biar higienis terus kalian minum betapa nikmat susu ini begitu dahsyat rasanya oohh enaknya gak karuan sampai lupa kanan kiri kalian sedang memperhatikan kalian mimik susu hangat plus jahe dan bawang merah sudah bro ngomong kok seperti gak ada ujungnya kalau tidak saya hentikan sekian saja terima kasih.wassallam

    Balas
  11. machfudi

    opo bro memang saya menghayal menulis saya langsung dan itu memang sudah turun temurun ya kalau dahulu ibu saya ketika saya sakit kepala cuma memakai kunir di geruskan ke kipas anyaman bambu lalu di tekankan ke pelipis saya dan sembuh dan sekarang serba kimia ya gak tahu bro sekian

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s