Semua Lini (harus bisa) Melayani Dengan Baik

Celingak-celinguk …

Ada sekitar 4 meja masing-masing ditempati oleh seorang pegawai.

celingak-celinguk …

Hmm… Sama sekali tidak ada papan petunjuk. Hanya tahu bagian tellernya saja karena memang terlihat jelas aktifitas dengan nasabah. Nah, yang dekat saya ini pasti meja security, tapi dimana Pak Satpamnya ya ?

celingak-celinguk lagi …

Setelah sempat kebingungan beberapa menit, saya langsung mendekati salah satu pegawai di mejanya, seorang Ibu yang baru selesai menelepon. “Maaf bu, kalau mau buka rekening baru, dimana ya ?, tanya saya” Oh, disana dik, dibagian customer service. “Terimakasih Bu”

Dalam hati saya berguman, “Oh disana toh customer service-nya, mana saya tahu, tidak ada papan petunjuk sama sekali he he he“. Saat saya duduk, gumanan ini saya sampaikan juga kepada nasabah yang duduk di samping saya, dia juga tersenyum. Saya juga mengatakan kepada nasabah di sebelah saya, “Sayang banget ya Pak, gimana mau bersaing dan maju dengan cepat jika pelayanannya seperti ini“.

Menunggu … menunggu … masih menunggu

Menunggu customer service yang melayani nasabah terasa lama, apalagi nasabah mulai berdatangan. Dan yang membuat tambah bingung, tidak ada sistem antrian seperti mengambil nomor atau sejenisnya. Wah, sepertinya makin lama dan makin tidak pasti, tambah kecewa …

Penyelamat datang …

Setelah menunggu begitu lama dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, satpamnya datang dan kembali ke mejanya. Saya kembali menanyakan bagaimana caranya membuka rekening baru. Pak Satpam dengan ramah menjelaskan dari A-Z, mulai dari jenis tabungan, biaya-biaya dan lain-lain. Pak Satpam juga sangat sabar & proaktif, dia ikut membantu saya mengisi berbagai form aplikasi yang menurut saya rumit.

Alhasil saya membuka rekening baru di bank tersebut tanpa bertemu sama sekali dengan Customer Service, cukup dengan Pak Satpam yang baik hati itu dan bagian teller he he he

Yang tadinya sempat kecewa dan sempat bimbang ingin membuka rekening di bank tersebut, berkat Pak Satpam tersebut hilang semua kekecewaan saya. Tapi tetap saja sebagai nasabah baru sebuah bank yang mengklaim sebagai bank syariah pertama di Indonesia, saya mengharapkan ada perbaikan dan peningkatan pelayanan. Agar mereka mampu bersaing dengan bank-bank besar lainnya. Ayo kamu pasti bisa … 🙂

6 thoughts on “Semua Lini (harus bisa) Melayani Dengan Baik

  1. jagrag

    Enak ya..

    Pengalaman menyebalkan yang seharusnya tidak terjadi di bank yang jargonnya “making every moment count” : Buka rekening butuh waktu 5 jam, saya ulangi LIMA JAM.
    Jelas saja every moment saya count.

    5 jam itu berarti sudah bisa PP KUL-CGK naik erasia..

    Balas
  2. amir

    Celingak-celinguk … 🙂 Kasian yach mas apalagi ada label syariah nya ? Untung aja ada sang penyelamat datang ….. yang mungkin dia yakin bukan hasil yang dikejarnya tapi prosesnya.

    Balas
  3. asep

    Dimana pun posisi kita!

    Jadilah satpam jadi, yang menjaga Bank tersebut tetap eksis di mata konsumen, walaupun dia mungkin bukan pegawai Bank, tapi hanya tenaga sewaan di Bank tersebut!

    Biarkan ketidakadilan dunia menjadi bahan Celingak-celinguk …, mereka yang menikmati kesejahteraan Bank tersebut!

    Jika saya tahu, nama satpam tersebut, saya ajukan untuk dapat kenaikan gaji…

    He..he.. he..

    Balas
  4. roisz

    ada beberapa bank yang memang saya sendiri alami berkualitas baik, bahkan dibanding customer servicenya

    kalau customer service baik udah lumrah, karena itu tugasnya, kalau satpam lumrah
    itu ada nilai tambahnya

    hidup para satpam … (^o^)

    Balas
  5. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ Jagrag
    Waduh mas 5 jam ngapain aja ?

    @ Amir & Apiq
    Satpamnya emang baik banget 🙂

    @ Roisz & Asep
    Saya pernah membaca artikel yang memuat 10 bank besar terbaik di Indonesia, salah satu poin penilaiannya adalah satpam yang ramah, proaktif dan harus mengerti produk bank itu sendiri.

    Balas

Tinggalkan Balasan

