Lebih fokus ke hasil atau ke prosesnya ?

Seperti biasa, Senin sore diadakan kajian agama rutin di kantor yang dibawakan oleh Ustad Miftah. Yang dikaji pun bermacam-macam, banyak pokoknya. Yang saya ingat dari kajian kali ini adalah bahwa hidup itu seperti bermain sepakbola. Bermain sepakbola itu ada 2 macam, pertama ada yang selalu mengejar keharusan memenangkan pertandingan sedangkan yang kedua ada yang bermain sepakbola dengan menikmati proses bermainnya.

Untuk kategori yang selalu mengejar keharusan memenangkan pertandingan, biasanya untuk menang akan menghalalkan segala cara dan jika kalah akan sangat stress. Sedangkan untuk kategori yang menikmati proses, mereka bermain dengan senang dan tanpa beban, masalah hasil akhir kalah atau menang itu tidak masalah.
Hmm … contoh konkrit lainnya. Dalam dunia pendidikan biasanya pelajar atau mahasiswa lebih mengejar keharusan mendapat nilai A, sehingga mereka juga akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nilai itu dan jika tidak mampu mencapai nilai A mereka akan sangat stress.

Berbeda dengan pelajar atau mahasiswa yang lebih senang menikmati proses belajar atau memperoleh ilmunya, mereka akan belajar dengan senang hati tanpa beban, mengenai nilai yang didapat itu urusan nanti yang penting kita belajar dengan kemampuan sendiri dan menikmati proses belajarnya.

Mungkin maksud dari kajian kali ini adalah lebih penting kita menikmati usaha atau proses untuk mencapai tujuan, masalah tercapai atau tidak tujuannya itu urusan nanti, agar tidak stress/kecewa berat. Benar begitu ya ?

Iklan

4 thoughts on “Lebih fokus ke hasil atau ke prosesnya ?

  1. amir

    “Keinginan adalah sumber penderitaan, tempatnya didalam pikiran,tujuan bukan utama yang utama adalah prosesnya, kita hidup mencari bahagia, harta dunia kendaraannya, bahan bakarnya budi pekerti, itulah nasehat para nabi…………….” syair dari iwan fals – seperti matahari, album suara hati. 🙂

    Balas
  2. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ amir
    Intinya jangan terlalu mengejar keduniawian ya Mas 🙂

    @ Roisz
    Wah sangat boleh mas, dari dulu kajian di Haidara terbuka untuk umum. Jadwal rutin Senin, mulai Pukul 16:30 WIB. Ajak teman-teman yang lain juga ya mas …

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s