Tips Manjur Untuk Flu

smurfs_picture_sick_smurf2.jpgDimana-mana terdengar batuk dan bersin. Suara sebagian teman-teman juga berubah, karena radang tenggorokan. Sekarang memang musimnya sakit flu . Mungkin karena beberapa minggu ini cuaca sedang tidak bersahabat.

Saya punya tips manjur untuk menyembuhkan flu yang saya dapat dari Ibu. Biasanya kalau saya sakit flu, Ibu mengobati dengan cara ini dan masih saya gunakan hingga sekarang.

Untuk mempercepat proses kesembuhan karena flu adalah makan sesering mungkin, minum obat flu, minum air putih dan istirahat. Tetapi kunci utamanya terletak dari apa yang kita makan. Jika sakit flu, perbanyak makan-makanan yang berkuah dan panas. Lebih bagus makanan berkuah yang mengandung kaldu ayam atau kaldu sapi yang dimakan panas-panas dengan nasi, dijamin setelah mengkonsumsi ini , angin dan keringat akan keluar banyak.

Setelah itu minum obatnya (biasanya saya cukup minum obat yang berada di pasaran saja, seperti decolgen atau decolsin, jika ada batuknya saya beralih ke OBH Hitam). Setelah minum obat, sangat bagus jika kita gunakan untuk tidur sejenak agar obatnya bekerja lebih maksimal. Jangan lupa juga jika pakaian yang kita pakai sudah basah karena keringat yang keluar, segera ganti dengan pakaian yang kering.

Oh iya ada pantangannya juga kalau mau cepat sembuh, kalau bisa jangan kena angin dulu, gunakan pakaian yang rapat sepeti jaket. Lalu hentikan sementara minum yang dingin-dingin. Oke, semoga tips ini bisa membantu dan semoga teman-teman yang sedang kena flu dapat cepat sembuh.

63 pemikiran pada “Tips Manjur Untuk Flu

  1. >>aku baru sembuh dari radang,,
    mungkin cara penyembuhannya yang salah ya,, soalnya tadinya pilek,, trus makan bakso yang panas,, ditambah cabe,, pedessss bgt,, habis itu malah jadi radang tenggorokan,, tp sekarang udah sembuhhhh,, :mrgreen:

  2. @ Ratu Tebu & Sheltherin
    Aku pernah sembuh dalam waktu sehari. Saat flu, aku main sepakbola pagi,siang dan sore, kebetulan saat itu ada kompetisi. Di saat istirahat, aku makan makanan yang berkuah panas-panas plus sambal, seperti baso dan soto. Hasilnya saat sore, flu lenyap seketika. Tapi muka jadi terbakar sinar matahari ha ha ha

    @ Sayap
    Yup betul Kata Ade, jangan lupa pakai minyak kayu putih atau balsem vicks. Jangan pakai kaos kaki juga …

  3. Lagi flu nih. Tapi mau nurutin saran Mas Rayyan susah, soalnya lagi jauh dari istri, saya lagi di Jakarta sampai akhir pekan, jadi enggak ada yang masakin :D Padahal sop ceker ayam wuihh lezato pasti

  4. @ Amir & Indra KH
    Berarti kondisi Mas Amir & Mas Indra sama ya, sama2 jauh dari Istri he he he
    Hmm … cari aja yang gampang2 aja mas, seperti soto ayam, soto daging, sop buntut atau sop kaki, yang penting berkuah panas :)

  5. Kalau saya seh paling malas dan sebel kalau sakit flu . . . soalnya ngak bisa ngapa-gapain . . . tipsnya seh habis minum obat flu tidur sepuasnya dan minum air sebanyak-banyaknya …

  6. iya sih kena flu hrs minum byk dan istirahat tp klo minum byk mesti sering pipis gmn mesti istirahat ?

  7. saya pernah nyobaketika terserang flu…olahraga pakai baju parasut jam 1 siang selama satu jam…habis itu pileknya hilang…cuman yang datang kemudian …..pegel linu

  8. Ya neh,sama aku juga lagi pilek,batuk dan tenggorokan buat nelen sakit.. Di tambah lagi kemarin sore bis futsal. Gimana ya solusinya?

  9. Masalah tenggorakan yang sakit kalau buat menelan sesuatu, sepertinya mas terkena radang tenggorakan, biasanya memang sudah satu paket dengan flu dan batuk. Perbanyak minum air putih aja dan pereda panas dalam, lama-lama juga hilang.

    Tetap berolahraga juga tidak apa2, tapi jangan terlalu berat. Meski tenggorokan sakit jangan lupa perbanyak makannya, pelan-pelan saja. Semoga lekas sembuh :)

  10. saya mempunyai penyakit tenggorokan ,nafas sampai ngengap ditambah keringat juga.
    kasih solusinya dunk……….!

  11. thanks banget atas tipsnya… buat aku yang sekarang lagi sakit demam, pilek, batuk, dan radang tenggorokan….

    trims……………………………………………………………………………………………………………………………………………. muach……………………………………………………….

  12. Banyak obat dan cara untuk penyembuhan dari serangan virus FLU/INFLUENZA, namun jangan lupa berdoa menurut keyakinan masing-masing setiap mau memakan obatnya.
    Semoga lekas sembuh !!! OKE ?!

  13. Wah infonya mantap, makan yang panas berkuah sedap sekali tuh, saking enaknya badanpun berkeringat..sehat deh, makasih postingannya. :D

  14. huuh

    gw jga sbel + ksel klo flu dtg menyerang ,,,
    kek skrg ini nech …….

    meleer truz ne idung gag da brhnti na ,,
    blm lgy d tmbh btuk dkit”,,
    tar break krja mw mkan soto eank pnaz ‘n pdas byar klwr smw..
    wkwkwkw

    oia,
    kra” flu itu smbuh na brp lma ea???
    sumpah!!!!! gag enq bngeeeeeeeeeettttttttt.

  15. hahaha… aq jg lg kena flue e.
    ga enk bgt.
    tp berkat di suntik dokter, 1jam kmudian lgsung smbuh.
    aq ga boong.
    nek pgn murah lg, suntik di puskemas,
    cm 18rb kata tetnagga’q.
    coba aj,,

  16. wuih benci deh sm flu! makasih sarannya..
    akhir2 ini cuaca ga bs kompromi. btw tu yg buat radang tenggorokan, pepaya jadi obat no1 !!! cepet banget sembuhnya..

  17. hiks…… lagi kena flu sekarang ,pengen makan sop ayam sapi and the gank tapi bumbu dapur.dkk lagi mahaal kata nyokap,tukang sayur jadi jarang pada jualan
    :hammer:

  18. skrg aq lg flu, td mlm tenggorokan jg sakit tp skrg dh sembuh krn aq punya resep jitu utk radang tenggorokan: ambil 4 jari jahe (jenis apa saja tp lbh ampuh jahe merah kalo ada), bersihkan jahe lalu panggang sebentar di atas bara api agar kandungan minyaknya keluar, iris tipis2 jahe tadi lalu diseduh dengan air panas, tambah sedikit gula, minum setiap pagi dan malam selagi hangat. Setelah 2 kali minum insya Allah radang tenggorokan lenyap, krn jahe punya khasiat anti inflamasi/anti radang. Resep ini sdh sering kupakai ketika kena radang tenggorokan dan hasilnya sungguh mengejutkan/cepat sekali menghilangkan radang tenggorokan. Kalo untuk sakit flu aku mengindari makan obat sebisa mungkin, karena dulu dari kecil kalo sakit sudah sering dikasih antibiotik. Sekarang aku mencoba menyembuhkan flu dg makan dan minum yg sering, makan buah yg banyak, istirahat, dan minum vitamin.

  19. Aku lg flu, setiap hr hrs ngeluarin kocek untk beli tisu, hmpr satu hari 50 lmbr tisu aku pake, biasanya kalo ibu ngasih oba namanya proporlish dr agen k-link, dan itu d mskkn ke hdg hny satu tetes, puerihnya mnt ampun tp tok cer, tp nanti aku coba untuk resep yg enaknich! Makan yg panas2 yg mengandung bumbu kaldu ayam atau sapi, pasti aku coba smbl ngisi perut, hehehehehe
    makasih y mas resepnya

  20. klo sudah flu jgn makan mknan yg byk mengandung zat perasa, bs jadi tggorokan akan sakit dan flu akn mnjdi batuk dan radang tggorokan

  21. saiia lgy flu ni skrg … suara jadi agak sdikit brubah (kata orang sih bindeng) hahaha… apa tuh????
    mana nanti ada tes nyanyi lagy…
    gimana yaa caranya biar suaraku kmbali pulih???

    akku bkall coba deh tips yang di atas…
    moga mujarapp…
    hehehe :)

  22. ma’af yaaa,,,, saya hanya mw nambah comen ya,,,,
    Tp kna ya saya kok flue udah lama bget,,,, kira” udah 3 tahun deah,,, gak pernah hilang,,,,
    Stiap bgun pagi” flue,sampai” tegorokan saya sakit,,,,, gmna ya…….

  23. Ak udh flu 2 mingguan + radang tenggorokan+batuk.skrg udh sembuh cuma untuk bindengnya kq blm ilang2. Blm lg kecapekan krja smp malem jd bikin ritme tidurku buat istirahat.mgkn gr2 kurang istirahat kali ya??

  24. hadoohhh gak nahan nihhh FLuu… makasih ya mas bwat tips na… baru td saya flu.. langusng minum obat,… di bawa tdur gak nyaman bgt! T_T bikin sengsara bgt nih penyakit,,, besok deh saya mau makan bakso sebanyak2 nya,, ahahaha ^_^ sama beli C1000 penget cepet kelar dari nih penyakit

    thx infona mas..

  25. klo mkn bakso ato yg berkaldu…pasti mengandung bnyk minyak…bs2 tambah batuk n tenggorokan gatal…

  26. thanks atas sarannya mas..
    Tp gmn mw mkn soup ayam,ane lagi jauh dr orang tua,,,denger soup ayam jadi ngiler sendiri…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s