Dari Divisi Armour

Ini sebuah obrolan saya dengan seorang TNI beberapa waktu lalu saat saya sedang di Jakarta.

Saya : Mas, dari mana asalnya ?

Si Kopral : Dari Malang, dik.

Saya : Wah, sama mas, aku juga lahir disana. Dari divisi apa mas ?

Si Kopral : Saya di Divisi Armour.

Saya : Wah keren amat, bertugas di pertahanan sebagai perisai kalau ada serangan ya Mas. Seperti menembakan rudal anti serangan udara atau membuat tempat perlindungan untuk para infantri ?

Si Kopral : Oh, nggak dik. Divisi saya bertugas untuk memobilisasi pasukan, artileri atau kavaleri. Misalnya kami harus mengangkut satu batalyon dari Jakarta ke Bogor, atau memindahkan tank-tank dari Jakarta ke Bandung.

Saya : Lho kok aneh ya mas, divisinya padahal namanya Divisi Armour artinya perisai atau pelindung khan ?

Si Kopral : Oh bukan itu maksudnya dik, saya dari Divisi Amor bukan Armour. Amor berarti Angkutan Bermotor, tugasnya ya itu tadi memobilisasi.

Saya : Oh kirain …

__________
Memang banyak istilah-istilah di TNI yang sengaja disingkat-singkat, contoh lain Yonbekang yang artinya Batalyon Perbekalan dan Angkutan atau Koarmabar yang kepanjangannya adalah Komando Armada RI Kawasan Barat.

Unik juga singkatan-singkatan itu, kalau yang tidak terbiasa atau baru mendengar pasti bingung. Sepertinya sengaja, mungkin biar musuh tidak mengetahui artinya he he he (Sok Tau : Mode On🙂 )

2 thoughts on “Dari Divisi Armour

  1. meha

    capek deeh….emang singkatan kadang2 menipu.
    weh, pertamax ya…(btw, baru tahu klo pertamax tu artinya org yg pertama kali ngasi komen ya..kirain nama bahan bakar gitu.hohoho….)

    Balas

Tinggalkan Balasan

