Server Down, Web Tidak Bisa Diakses

Beberapa hari lalu server untuk web di tempat hosting kami mengalami kerusakan, kata mereka server down karena kerusakan hardware.

Kerusakan terjadi dari pukul 07:00 WIB. Sempat bingung juga karena web tidak dapat diakses justru pada saat jam kerja (bingung .. bingung). Untungnya sekitar pukul 14:30 WIB, kerusakan dapat diatasi. Yahuiii, web dapat diakses kembali dengan normal.

Saat malam tiba …

Iseng-iseng mengecek lagi saat malam, yah kok gak bisa diakses lagi, yo wis besok paginya aja aku cek lagi. Saat pagi aku cek lagi, ternyata web kami tidak bisa diakses oleh salah satu provider saja.

Mengadu ke tempat hosting katanya provider belum me-refresh DNS-nya, jadi saya harus menghubungi provider. Mengadu ke provider katanya ada record DNS yang harus dibetulkan di tempat hosting, jadi kembali saya harus menyampaikan ke tempat hosting.

Saripada saya pusing sendiri, saya menyarankan agar pihak hosting menjelaskan sendiri ke provider. Untungnya mereka mau. Setelah beberapa lama pihak provider dan pihak hosting berdebat sendiri tentang siapa yang sebenarnya salah sehingga web tidak dapat diakses, akhirnya ketemu juga dimana kesalahan berada, tidak perlu disebutkan siapa yang salah, yang penting web sudah lancar dan dapat kembali di akses oleh semua provider.

Pelajaran dari sini, seharusnya lain kali pihak hosting dan provider lebih berkoordinasi sendiri dalam mencari letak kesalahan sehingga pelanggan tidak perlu sampai repot dan kebingungan mengurus error seperti ini, apalagi kesalahan jelas-jelas terletak di antara pihak hosting atau dari pihak provider.

BTW, postingan saya sebelumnya membahas tentang blog mbak Dian Sastro, kok sudah 2 hari ini jadi tidak bisa diakses lagi ya, jangan-jangan terkena masalah yang sama … 😛

4 thoughts on “Server Down, Web Tidak Bisa Diakses

Tinggalkan Balasan

