The Last King of Scotland

lastkingscotlanddvdlarge.jpgDiangkat dari kisah nyata, film ini bercerita tentang pemuda Skotlandia bernama Garrigan yang baru saja lulus menjadi dokter dan memutuskan untuk mengabdi pada suatu desa di Negara Uganda. Pemuda tersebut datang tepat ketika Uganda baru saja mengalami kudeta militer yang dipimpin oleh Jendral Amin. Jendral Amin ini akhirnya menjadi Presiden Uganda. Ini merupakan salah satu pidatonya :

Aku berjanji ini pemerintahan yang membangun, bukan hanya omong belaka. Kita akan bangun sekolah baru, perumahan baru dan bangun yang lainnya. Mungkin aku memakai seragam Jendral tapi di hatiku aku adalah orang sipil seperti kalian. Aku tahu suapa kalian dan segalanya tentang kalian. Aku adalah kalian. Tanyakan pada tentaraku, sepanjang hidupku aku tak pernah makan hingga tentaraku makan lebih dulu. Sekaran di Uganda akan seperti itu. Bersama, kita akan buat ngara ini menjadi lebih baik. Dan juga lebih kuat! Dan bebas !

Pada suatu kesempatan, Jendral Amin mengalami kecelakaan dan diobati langsung oleh dr.Garrigan. Sejak peristiwa itu Jendral Amin dan dr.Garrigan menjadi sangat akrab, sehingga Garrigan diangkat menjadi dokter pribadi sekaligus penasehat presiden.

Namun lama kelamaan Garrigan sadar bahwa ada yang tidak beres pada pemerintahan Jendral Amin, banyak orang hilang terutama oposisi dan orang-orang yang dicurigai menentang pemerintahan Jendral Amin. Usaha pembunuhan Jendral Amin oleh orang-orang dari pemerintahan yang digulingkan dulu juga makin banyak. Kegelisahan Garrigan makin bertambah ketika permintaan pengunduran dirinya untuk kembali ke negara asalnya ditolak oleh Jendral Amin.

Klimaks film ini ialah saat Garrigan juga dianggap berkhianat karena berusaha membunuh Jendral Amin, Garrigan sempat disiksa (uugghhh adegan penyiksaan ini sadis banget). Tapi disaat akan benar-benar dieksekusi, Garrigan dapat meloloskan diri dan meninggalkan Uganda.

Selain alur ceritanya yang bagus, musik dalam film-film ini juga sangat unik-unik perpaduan musik modern dan Afrika, sudah berusaha cari tapi belum ketemu juga. Oh iya, film ini mendapat banyak penghargaan antara lain Academy Awards dan the Golden Globes. Coba tonton deh …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s