Diet, Makanan, & Golongan Darah

Kemarin Mas Primus menunjukan website menarik bernama jajanan.com. Bisa ditebak kontennya kebanyakan berupa rekomendasi tempat makan yang enak di seluruh Indonesia. Selain itu, website ini juga dilengkapi dengan artikel-artikel yang menarik. Salah satunya tentang diet berdasarkan golongan darah. Saya pernah lihat di Gramedia juga ada buku khusus yang membahas tentang hal ini.

Hmm, golongan darah saya A, coba baca ah apa kata artikel ini.

Golongan darah A merupakan manusia pertama yang menjalankan aktifitas pertanian karena nenek moyang sudah tinggal menetap dan tidak lagi suka berperang.

Berarti nenek moyangku adalah petani yang cinta damai he he he, menarik, menarik. Terusin bacanya ah …

Ternyata ada pengkategorian jenis makanan yaitu :

  • Sangat Bermanfaat yaitu makanan yang beraksi sebagai obat seperti Bayam, brokoli, wortel, jamur ikan mas, kacang tanah, kacang buncis, kacang/ susu kedelai, tahu, tempe, tepung beras, bluberi, minyak zaitun, ikan mas, ikan sardine, (Siput, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau & sitrun).
  • Netral yaitu makanan yang beraksi sebagai obat seperti makanan yang beraksi sebagai makanan seperti Ikan tuna, telur ayam & bebek, telur puyuh, biji wijen, biji bunga matahari, kacang ercis / kapri, jagung, tapioka, roti gandum, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur (semua jenis), melon, blewah, pir, delima, kiwi, kurma, strowberi, kesemek, jambu biji, Daging (ayam, burung unta, belibis kalkun,burung dara)

Kalau saran yang diatas saya bisa menerima, tapi pada pengkategorian berikutnya, ada beberapa makanan yang ternyata pantangan buat saya :

  • Hindari makanan yang beraksi sebagai racun seperti Daging (sapi, kerbau, domba, bebek, angsa, kelinci, ayam hutan), lobster, gurita, kepiting, belut, kodok, udang, cumi- cumi, mentega, susu sapi, keju, es krim, susu murni, acar, terung, tomat, ubi, kentang, jeruk, kelapa/ santan, melon madu, pisang (raja), pepaya, pare, air soda.

Wah berarti saya tidak boleh makan steak lagi. Lalu sate dan gule kambing, terakhir kebanyakan makan kambing memang langsung berkunang-kunang. Hah !!! Bebek juga tidak boleh, selamat tinggal Bebek goreng Boromeus, Bebek Goreng Japati dan Bebek Goreng Paris Van Java 😦

Susu sapi dan susu murni juga tidak boleh, padahal hampir tiap hari selalu minum susu jenis ini, berarti harus ganti susu kedelai. Bahkan kentang dan ubi yang terbukti lebih sehat dan aman dibanding nasi juga tidak boleh.

Lengkap sudah penderitaan ternyata es krim juga tidak boleh. Jus tomat kegemaran saya juga tidak boleh, setahuku mengkonsumsi tomat dapat mencegah penyakit di daerah pencernaan, orang Italia sangat gemar sekali mengkonsumsi tomat, hampir segala jenis masakannya pasti ada tomat, dan mereka sangat jarang sekali terkena penyakit kanker pencernaan. Tapi bagi golongan darah A ternyata tomat dilarang karena dapat bereaksi menjadi racun.

Sayangnya dalam artikel tersebut tidak ada penjelasan secara medis mengapa golongan darah tertentu tidak boleh mengkonsumsi makanan tertentu. Secara medis seperti apa ya hubungan golongan darah dengan makanan, ada yang tahu ?

9 thoughts on “Diet, Makanan, & Golongan Darah

  1. naazmu

    wah ada juga yah makanan yang sesuai golongan darah kita,menarik juga mas….Golongan darah saya B, tidak boleh makan daging ayam, berarti harus makan daging sapi/steak terus. wah bisa tong pes (kantong kempes ) donk klo gt hehe….

    Balas
  2. pure

    Punten..bukan’y ndak boleh mengkonsumsi makanan ttt, sesekali mungkin bole kali ya? asal jgn berlebih2an aja, coz sesuatu yg berlebih2an akibat’y jg ndak bagus.(bener ndak ya?)hee sok tau y;).
    tapi pd inti’y: makanan yg sehat, bersih diimbangi dgn istirahat yg cukup, berdoa dan byk berolahRagaaa..:).Thats!
    Mengenai medis, ga tau juga tuh! coba d tanya aja langsung ke ahli gizi ato dokter??mungkin ada sedikit gambaran, dr jawaban’y biar jelas.:-).Trims info’y sngt berguna.

    Balas
  3. lovymovie

    saya sampe sempet beli bukunya, tapi gatot a.k.a gagal total.hehehe. sekarang saya makan seimbang aja trus jogging n sit up total 45 menit 5 kali seminggu. baru 2 minggu sie jadi lum keliatan hasilnya. hidup bebek panggang!!!!

    Balas
  4. meha

    hubungan darah ma makanan??
    klo darah butuh makan (buktinya ada obat penambah darah)
    tp qta ga ada makan darah (emang vampir???!!!!)
    gitu kali ya….he…..=p

    Balas
  5. Ping balik: tips diet « falda mailangkay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s