Apa itu Rayyan ?

Beberapa kali saat kenalan dengan seseorang baik langsung atau via fs dan blog ini, hal ini yang banyak ditanyakan kepada saya. Mas apa sih artinya Rayyan ?

Guru bahasa Arab dulu di SMU mengatakan bahwa kata rayyan bisa diartikan sebagai taman. Kalau kata Ibu, Rayyan diambil dari kata Ar-Rayyan, sebuah pintu di surga khusus bagi orang-orang yang rajin berpuasa. Saya juga menemukan sebuah hadis:

“Sesungguhnya di surga ada pintu yang bernama ar-Rayyan tempat masuk orang yang berpuasa pada hari kiamat. Tidak dapat masuk dari pintu itu kecuali orang yang berpuasa, dipanggil oleh penjaganya: ”Di manakah orang yang telah berpuasa?” Dan tidak dapat masuk ke situ kecuali mereka yang berpuasa saja, dan jika semuanya telah selesai masuk, maka pintu itu ditutup, dan tidak masuk melaluinya melainkan mereka yang berpuasa saja.” (dari Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)

Di wikipedia saya juga menemukan bahwa Ar Rayyan (bahasa Arab: الريان) ialah sebuah kota di Qatar. Di kota ini juga terdapat klub sepakbola bernama Al-Rayyan.

Berat dan malu juga memakai nama Rayyan, puasa yang pasti hanya saat ramadhan saja, puasa sunnah masih sangat jarang saya lakukan. Padahal kata Ibu, rajin puasa sunnah juga dapat mempercepat ketemu jodoh he he he

Iklan

18 thoughts on “Apa itu Rayyan ?

  1. pure

    tok tok Punten..semoga dgn rutin’y aq mnjlnkan puasa sunnah (senin-kamis) ato puasa lain’y..seperti puasa arafah besok (9 dulhijah saat orang2 yg ibadah haji wukuf di padang arafah , ibarat padang mahsyar saat semua amal diperhitungkan) insyaallah bisa masuk pintu surga Ar-Rooyyan..ya Royan nama’y .Amien Ya Allah & bs melihat keindahan didalam’y..Subhanallah.
    oia, baru tau kalo ada hadits’y.. trims info’y:-).

    Balas
  2. Sayap KU

    Nama yang indah ternyata… kalo nama Ade “Istiqomah… ” artinya apa yah?

    *buka Al Qur’an cari artinya* kalo nemu duluan kasih tahu Ade ya mas Rayyan.

    -Ade-

    Balas
  3. rnazahra

    @ Ade…
    Kalo Istiqomah berarti…
    berpendirian teguh atas jalan yang lurus, berpegang pada akidah Islam dan melaksanakan syariat dengan teguh, tidak berubah dan berpaling walau dalam keadaan sulit sekalipun
    Setau zahra sih seperti itu….

    Dulu pas zahra pertama kali pake jilbab… temen2 selalu bilang “Yang istiqomah ya…” gitu ke zahra… maksudnya ndak jauh dari pengertian diatas… Tetap Istiqomah (ndak lepas-pakai jilbab)… Jadi kapan nih Ade pake jilbabnya… -lho kok ke arah sana ya… hehe…-

    Balas
  4. Sayap KU

    Ternyata nama Ade nama yang bagus yah … terima kasih Ayah sudah memberikan nama sebagus itu.

    @Zahra: Ade sekarang berkerudung dulu, nanti kalo udah siap PASTI akan pake jilbab.

    @Raddtuww: iya, mas Rayyan lagi nyari jodoh… 🙂 ayo mas. LOH!!

    Balas
  5. Tia

    Ah, tia lebih suka manggil a’Ray. Wah…kenapa sekarang postingannya ujung-ujungnya ngomongin jodoh mulu nih, A’…?? Ehem..ehem… Pendaftaran calon istri masih dibuka!! Buruan daftar!! Hoho… 😀

    Balas
  6. raddtuww tebbu

    iya,, akhir-akhir ini, postingan mas rayyan isinya tentang jodoh dll mlulu,, jangan2 yang mau nikah di cirebon tu mas rayyan ya??

    *sbagai spupu yang baik mestinya akuw juga dikabari dunk*

    baju panitia kapan dikirim???

    Balas
  7. arfin

    aku baru dengar kata rayyan waktu terjadi penyerangan israel ata pelestina so aku penasaran langsung tu ku cari di internet eh ternyata yang pertama kali ku buka blog ini.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s