Aku Cinta Gigiku

Gigi dan rongga mulut adalah pintu gerbang segala jenis penyakit. Kalau tidak salah 75% atau 80% awal mula penyakit itu ditentukan atau berasal dari kesehatan gigi dan rongga mulut. Untuk itu jangan ragu-ragu untuk mengontrol gigi minimal 6 bulan sekali atau jangan menunda-nunda untuk menambal gigi yang berlubang.

Untuk gigi berlubang, jika ditunda-tunda efeknya bisa merembet kemana-mana, dari sakit kepala, gangguan jantung hingga stroke.

Masih ingat pelawak Leysus? Ia meninggal karena stroke ringan dan kanker otak setelah giginya terinfeksi berat. Yang dialami Leysus disebut focal infection dental origin atau focal infection (FI),” jelas Drg. Bobby Gunadi dari Menteng Dental Clinic. Sumber : Kompas

Terkadang kita suka malas ke dokter gigi karena berbagai hal. Dalam sebuah survey yang dibuat oleh “Senyum itu Sehat” dapat diketahui apa alasan seseorang segan ke dokter gigi :

Takut disuntik 33
Takut mendengar suara Bor 20
Takut sama alat-alatnya 26
Takut sama dokternya 9
Takut sama ruangannya 0
Takut tertular penyakit 3
Mahal 116
Tidak takut 38

Jika melihat survey diatas urutan tertinggi kenapa seseorang segan ke dokter gigi adalah karena mahal, menurut saya memang untuk perawatan dan pengobatan gigi relatif mahal, tapi perlu dipikirkan juga berapa biaya yang harus dikeluarkan jika penyakit gigi anda tambah akut dan membuat anda makin hari makin kesakitan. Lebih baik kontrol 6 bulan sekali atau segera ke dokter gigi jika ada yang berlubang atau sakit.

Saya sendiri karena kapok harus bolak-balik tiap minggu ke dokter gigi untuk menjalani perawatan, sekarang saya lebih memilih 6 bulan sekali kontrol ke dokter gigi, ya sekedar membersihkan karang gigi. Jadi sayangilah gigimu sedini mungkin πŸ™‚

nb: Kemarin saya habis bersih-bersih karang gigi di istrinya mas Pandu (drg.Nila). Bisa dibayangkan repotnya mbak nila, lha aku nggak pernah bersihin karang gigi selama 26 tahun. Padahal beberapa kali pernah ke dokter gigi, tapi itu karena gigi berlubang. Setelah membersihkan karang gigi, Gigiku sekarang lebih bersih dan terasa lebih ringan. Nyesel aku, kenapa nggak dari dulu aku rajin kontrol ke dokter gigi …

8 thoughts on “Aku Cinta Gigiku

  1. raddtuww tebbu

    iya memang,,
    gigi tu penting bgt buat dijaga,,
    bapakkuw paling sering tuw ribut soal gigi anak2nya,,
    jadi kita udah biasa bolak balik dokter gigi,,

    >>tidak takut,,,,

    skarang siy jadi agak males ke dokter gigi,,
    kan biaya perawatan giginya gratis tuw,,
    (fasilitas kantor,, kita ada dokter gigi perempuan yang cantikkk bgt,, mba indy,,)
    jadi ngantri,,suka lama,,
    paling kalo lagi emang perlu bgt jadi terpaksa,,
    akuw nunggu didalem ruang prakteknya sambil ngobrolll,,, hohoho,,

    kata mba indy,,rajin2 ke tmpat dia,, 3 bulan skali,,kan gratis ini,,,

    >>sneng deh kalo gratisan,,

    Balas
  2. gaptek28

    Artikel yang informatif, semestinya bisa membuat kita yang membacanya (termasuk saya) tersadar akan pentingnya periksa gigi rutin. Jangan cuma kalau sudah sakit gigi baru ingat dokter. Apalagi katanya kalau ke dokter pas sakit gigi malah dokternya nggak mau langsung ambil tindakan, tunggu sakitnya hilang dulu.

    Balas
  3. auLL

    beuh, gak mahal2 kalilah, gak nyampe 50rb jg, drpd sakit nantinya en kena bayar ratusan ribu pilih yang mana??? alasan nomer 1 sih karena “MALAS”/”TAKUT”, huehuehue… tul gak ???

    Balas
  4. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ Ratu Tebu
    Enak banget ya gratis πŸ™‚

    @Gaptek28
    Saya kurang tahu persis, kalau nggak salah tidak boleh cabut gigi kalau gigi sedang sakit.

    @Aull
    Iya betul kalau hanya sekedar kontrol 6 bulanan dan bersih-bersih karang gigi tidak terlalu mahal.

    Balas
  5. giaferdi

    waw… saya terakhir ke dokter gigi kayanya waktu smp deh xD kalo ditanya kenapa, yaa sayangnya emang gara2 males aja sih, hehe… soalnya selama ini masih ngerasa ga urgen2 amat ngurusin gigi. emang kayanya kebiasaan untuk mengontrol kesehatan belum dibudayakan di masyarakat kita ya. thanks infonya πŸ™‚

    Balas
  6. Katherine Arta

    Dok,,,,
    Aq mhswi 19th

    Tgl 14 Nov kmaren 2007ama drg biasa, bukan Sp.BM
    gigi 38 aq di OD.
    Pas lg di OD, drg yg menangani operasiku bilang, klo maksila aku terlalu kecil, shg tulang alveolar aku perlu dibor hingga 5mm.
    1. Dalem bgt ga c Dok?
    2. Normalnya tl alveolar yg dibor brp mili?
    Pipi bengkak selama 1 minggu.
    Saat operasi, karena saking dalamnya tulang yg harus digali, dokter menambahkan anastesi hingga 3.5 ampul. Operasi qu berlangsung cukup lama, sekitar 4 jam.
    3. Normal ga dksh suntikan sebanyak itu?
    4. Efek sampingya apa klo dikasih anastesi banyak2?
    Trus, hingga postingan ini aq ketik, lidah kiri aq ga bs ngerasain rasa apa2. Tp rasa sakit n suhu (panas+dingin ) masih bisa.
    Obat yg diksh:
    – Danalgin
    – Amoxcillin yg kluaran baru
    – Kalium diklofenat
    – obat anti pendarahan.

    5. Apakah lidah kiri aq masih bs ngerasain makan lg? kembali spt normal (reversibel)? Dokter gigi qu bilang, biasanya bisa balik setelah 6 bulan. Apa ada kasus yg permanen?

    6. Dapatkah neurobion mengembalikan fungsi pengecapan lidah kiri qu?

    7. Mana yg lebih baik: neurobion atau neurodeck, Dok?

    Terima kasih,

    katherinearta.wordpress.com

    Balas
  7. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    Wah mohon maaf sekali Khaterine, sepertinya saya tidak bisa menjawab pertanyaanmu, karena saya bukan dokter gigi πŸ™‚ Post tentang gigi di blog ini, saya olah dari pengalaman perawatan gigi saya dan literatur lain.

    Mungkin Khaterine lebih baik mengunjungi langsung blog seorang dokter gigi, disini alamatnya http://senyumsehat.wordpress.com/. Disana Khaterine bisa bertanya.

    Semoga bisa membantu & semoga lekas sembuh
    -Rayyan-

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s