Rasa Sayange

Rasa sayang hey, rasa sayang sayang hey, hey lihat nona jauh rasa sayang sayang hey
Rasa sayang hey, rasa sayang sayang hey, hey lihat nona jauh rasa sayang sayang hey

Kalau mendengar Lagu Rasa Sayange versi Malaysia, dari musiknya sama persis, hanya memang dari lirik berbeda, ada bahasa Melayu, Mandarin dan India. Lagu Rasa Sayange digunakan untuk promosi pariwisata Malaysia, lagu dan video klipnya bisa didownload di situs pariwisata Malaysia http://www.rasasayang.com.my/index.cfm Sedih sih memang, karena lagu daerah yang biasa saya nyanyikan saat SD ini justru Malaysia yang memperkenalkan kepada seluruh dunia.

Setelah saya melihat video klip promosi pariwisata Malaysia itu, pada video klip tersebut Malaysia mencoba memperkenalkan berbagai kebudayaan mereka. Ternyata Kebudayaan Malaysia memiliki kemiripan dengan kebudayaan Indonesia, ada pakaian adat yang mirip dengan Suku Dayak dan Papua, rumah panjang dan lain-lain.

Nah disini cerdiknya Malaysia, terlepas dari mana asal usul sebenarnya lagu Rasa Sayange, Malaysia memang lebih gencar memperkenalkan kebudayaan mereka. Ini yang harus diantisipasi oleh bangsa Indonesia, bisa-bisa kalau begini terus nanti kebudayaan kita yang mirip-mirip dengan kebudayaan Malaysia, diakui oleh dunia sebagai kebudayaan Malaysia semua.

Ada cara lebih bagus untuk mengatasi masalah ini, Indonesia harus lebih serius menjalankan promosi pariwisata lewat semua media. Kita buat yang lebih bagus dengan dari milik Malaysia. Jangan mau kalah dan berdiam diri saja dong, kebudayaan Indonesia lebih banyak dan beragam, dari Sabang sampai Merauke. Ya, minimal lewat Blog dulu 🙂

Update : Saat nonton Republik Mimpi. Andre Hehanusa juga menyarankan, Indonesia membuat iklan pariwisata dengan lagu Rasa Sanyange dan yang menyanyikan penyanyi-penyanyi papan atas Indonesia. Situs http://www.rasasayang.com.my, sekarang sudah sulit diakses akibat sering di-hack , kadang bisa kadang tidak.

Iklan

40 thoughts on “Rasa Sayange

  1. juda

    Saya mau ikut megomentari lagu”rasa sayange/hey”. Pertama perkenalkan,saya adalah salah seorang mahasiswa jurusan seni musik,dan saya sedang menyusun tugas akhir. Selain belajar alat musik,saya juga mempelajari bermacam-macam mata kuliah musik seperti: komposisi,aransement dan semua materi tetang musik. Saya juga sering terlibat dalam pembuatan lagu dengan beberapa musisi.saya juga mengajar di beberapa tempat kursus musik di jakarta. Kita melihat permasalahan ini sudah semakin memanas. Banyak orang berkomentar hanya berdasarkan “panas hati”dan “rasa cinta negri”. Di sini saya coba memberikan komentar yang ilmiah.

    Beberapa hari saya mempelajari lagu itu. Saya coba membongkar “isi/materi” yang terkandung di dalam lagu tersebut.saya mempelajari komposisi dan aransemen-nya. Sebagai mahasiswa seni,urusan komposisi dan aransement sudah merupakan “makanan” pokok. Kita wajib memahami kedua unsur itu di dalam pembuatan lagu. Lagu rasa sayange mempunayai”nada dasar major”.tangga nada ‘pentatonik juga terdapat dalam Lagu ini.tangga nada pentatonik merupakan tangga nada yang lazim di pakai dalam musik-musik daerah di indonesia,kususnya jawa dan indonesia timur.

    Mungkin malaysia masih serumpun dengan Indonesia. Tetapi perlu kita ketahui,malaysia terletak berdekatan dengan indonesia sebelah barat(minang). Sedangkan lagu-lagu daerah berirama minang jarang yang mamakai skala tangga nada pentatonik. Lagu berirama melayu banyak menggunakan skala tangga nada “minor”. Jadi kemungkinan besar lagu “rasa sayange” berasal “bukan” dari barat.atau dengan kata lain bukan lagu berirama “melayu”. Kita bisa melihat dari lagu-lagu Malaysia, pencipta lagu-pencipta lagu malaysia kebanyakan menggunakan skala tangga nada “minor”. Kita bisa ambil contoh:isabela(search),suci dalam debu dll.aransemen dan komposisi di dalam lagu-lagu ini berbeda dengan komposisi yang terdapat di lagu-lagu indonesia yang cenderung menggunakan tangga nada “major”.

    Kalau kita melihat dari segi “lyric” lagu, lyric lagu sangat mudah untuk di “rubah”, beda lyric mungkin bisa beda arti. Tetapi aransement lagu yang di rubah akan membuat suatu lagu “hilang”. Kami musisi sering “merilis” ulang lagu orang. Mungkin kami bisa merubah lyricnya.Tapi pada saat kita merubah aransementnya,maka lagu tersebut juga akan “kehilangan keaslianya”.jadi orang mungkin tidak akan tau keaslian lagu gubahan kita tersebut.

    Tetapi dalam kasus ini,aransement lagu “rasa sayange”masih utuh belum di rubah, hanya beberapa lyrick saja yang telah di rubah, dengan kondisi ini,orang akan dapat dengan jelas melihat dan mendengar “keaslian” lagu rasa sayange. Mungkin orang malaysia boleh bersikeras bahwa itu adalah lagu mereka.mungkin mereka hanya melihat dari segi lyric yang telah dirubah. Tetapi hal itu tidak akan terjadi bila mereka mau dan “MAMPU” menguraikan unsur yang terkandung di dalam lagu tersebut(sesuai dengan yang saya paparkan di atas).

    Kita orang indonesia mungkin hanya bisa berkomentar saja. Karena kita tidak mempunyai bukti yang tepat. Kita juga hanya mengklaim lagu itu,karena sering kita nyanyikan. Hanya sedikit lagu daerah yang mempunyai royalty.tetapi bila kita (musisi malaysia-indonesia) mau berdiskusi dan coba mempelajari lagu tersebut maka kita akan bisa mengetahui lagu “rasa sayange/hey” milik siapa.

    Balas
  2. indra kh

    Lagu semacam ini adalah salah satu seni tradisi di Indonesia, yang ada secara turun temurun. Hanya saja keengganan minat melestarikan sebagaian di antara kita (terutama generasi muda) terhadap seni yang bersifat kedaerahan itu membuat kita tidak menyadari bila seni tradisi ini terus dibidik bangsa orang (tidak hanya Malaysia). Orang asing begitu banyak saat ini yang belajar seni kedaerahan di negeri ini.

    Ke depan entah apa lagi yang akan diambil jiran kita. Untuk angkung saja saya miris dibuatnya. Kegalauan ini sempat juga saya tumpahkan dalam tulisan: http://indrakh.wordpress.com/2007/04/26/terkikisnya-seni-tradisi/

    Balas
  3. greg

    01.Batik

    Sekarang batik menjadi produk yang diakui Malaysia sebagai hasil karya kerajinan seninya di film promosi mereka di CNN terlihat jelas .
    Agar diketahu orang Malaysia pulang dari Indonesia, membeli batik Indonesia, mereka akan dikenakan bea masuk 25 % untuk melindungi batik Malaysia

    02.Makanan
    Hampir semua makanan Indonesia diakui sebagai makanan malaysia dengan peniruan bentuk dan rasa dan hanya diganti nama.

    03.Pakaian adat
    Sudah lama pakaian ada ( songket Aceh dan Palembang ) juga diakui sebagai produk Malaysia

    YANG ADA DI MALAYSIA JUGA ADA DI INDONESIA –
    BAHKAN LEBIH BAIK !!!!!

    Kalau cuma pergi jalan-jalan ke Malaysia, tidak ada gunanya, semua yang ada di Malaysia pasti ada di Indonesia.

    01. METROPOLITAN
    Kalau cuma kota metropolitan dengan gedung -gedung tinggi pencakar langit yang cantik dimalam hari, Jakarta lebih cantik daripada Kuala Lumpur.

    02. SHOPPING CENTRE
    Di Kuala Lumpur hanya ada 5-10 mall yang besar hanya 2-3 sedangkan di Jakarta kita punya lebih dari 20 mall.

    03. MAKANAN
    Makanan mereka semua makanan dari Indonesia, yang paling lucu penjualnya juga orang Indonesia yang setiap hari dikejar kejar karena dianggap pendatang haram

    Jadi kalau punya uang mau jalan-jalan keluar negeri, Jangan ke Malaysia.

    Dengan berpariwisata di Indonesia, kita langsung memberikan pemasukan kepada masyarakat luas, supir taksi, tukang parkir, tukang pijit dipantai, pekerja hotel, rumah makan, dll

    Setelah itu masih banyak tempat lain yang lebih bagus.

    by greg

    Balas
  4. Tri

    Malaysia anjing….
    Perang aja deh,karena kalau di biarkan nanti malah menjadi-jadi lagi.
    sudah dari tki indonesia di siksa,ambalat juga.
    katanya serumpun tapi kaya musuh dalam selimut.
    MALAYSIA ANJING,BABI.

    Balas
  5. Abe Hedly

    kata anak malaysia..kami tak mau ngersa kalah sma bangsa indonesia…karna kami juga ngerasa oke dari negara indo
    wakakakkaka

    si anjing menghayal tuh

    oke dari mana nya??

    kalian tuh sudah jadi negara penjiplak

    eh kemarin aja tim sepakbola dari kuala lumpur (KLFA)
    dibantai PERSIB BANDUNG 5-0

    wakakkak mau masih ngerasa okay kah kalian???

    MALAYSIA TAHI PALAT

    Balas
  6. kiki

    Baru ‘kaya’ sedikit aja udah ngelunjak… Gimana jadi adikuasa ya?

    Malaysia tuh iri sama Indonesia, sebab:

    1. Kita punya hutan hujan tropis yang sangat luas… karena dia gak punya dia ngerampok deh (pembalakan liar).
    2. Kita punya Bali dan masih banyak tempat pariwisata lainnya yang bagus-bagus ‘n ngetop… tetangga kita itu paling banter ngebanggain menara petronasnya (bosen, ah!) Tetap aja Bali lebih ngetop dong!
    3. Kita punya musisi-musisi yang bagus, ngetop, lebih laku lagi,hehe… akibatnya radio-radio swasta di Malaysia diprotes karena lebih banyak muter lagu-lagu dari Indonesia (takut kesaing, yang jelas).
    4. Kita negara muslim terbesar di dunia… tapi dia yang ngakunya bersyariat Islam kok punya lokasi perjudian legal (Genting Highland) Artinya kita masih lebih baik…Amin!
    5. Kita berhak memilih presiden sendiri… Sementara dia masih berada di zaman kegelapan pemerintahan otoriter (kasian…)
    6. Kekayaan budaya kita banyak dan beragam… karena dia ‘kekurangan’ jadi nyuri deh, mumpung belum dipatenkan (lagu daerah, angklung, batik, jangan-jangan nanti Yamko Rambe Yamko dicuri pula!! HATI-HATI!)
    7. Suku bangsa dan bahasa negara kita banyak, belum termasuk etnis pendatang… Dia cuma punya Melayu, India, Cina…(dikit banget, om!)
    8. Kita bangsa yang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah… gak kayak Malaysia yang cuma dikasih (Oh, dimana kebanggaanmu sebagai sebuah bangsa!)
    9. DST…

    Masih banyak lagi deh alasan kenapa dia merasa perlu ‘ngalahin’ kita… Sirik tanda tak mampu, lha ini kok gak ada malunya sampe pake cara nyolong terang-terangan! Pake ngaku serumpun lagi… tebel banget deh mukanya!

    Balas
  7. Pempek Palembang

    ” Mereka orang malay itu emang gak punya kepandaian dan kecakapan,, mereka baru bisa kalo udah liat hsil krja orang dan merampoknya,,, Plus lgsung mengkui klo itu kpunyaan mereka.

    ” Kenapa Indonesia, karna kita negara yg paling deket and lumayan punya kemiripan, semua diakui klo mereka punya hsil kbudayaan yg di punya sama indonesia,,

    ” kita emang harus hati hati banget, niy pelajaran buat kita semua Bangsa Indonesia, songket asal palembang udah mereka akui klo itu punya mereka, jangan2 besok Pempek pun mereka akui itu punya mereka…

    ” Klo emg mau,, sini orang malangsia,, belajar dlu gmn cara buat pempek.. jangan asal nyablak doang Loh,,,,,,

    “JAngan kira TKI kami bisa lu bntai dgn mudah, lu jg bisa bntai Indonesia?

    Sorry Bro,,, We’ll Figth U whenever u wanT….

    Balas
  8. faisal

    mau perang sama malaysia?
    hemm…mending kerahin pasukan jihad ke palestin aja. lebih jelas keuntungannya..

    that’s why i hate nationalism.

    coba khilafah berdiri lagi, ga ada gondok2an curi-mencuri lagu, ga ada istilah TKI, yang pasti ga ada beda idulfitri, seperti yang terjadi sebelum emporium turki runtuh.

    Balas
  9. bobot

    at least di malaysia ngak ada militan muslim bomb gereja2..
    bikin malu sih.. banggain dengan suku yang banyak..apalah guna kalo semua nya engko bunuh untuk defend agamamu.
    lihat aja malaysia sekurang-kurangnya.. kito nggak bunuh-bunuh suku2 di sebelah timur malaysia yang majoritas nya orang kristian..

    Balas
  10. bee

    eh, bobot dengerin lu: militan yang suka ngebom di Indonesia hasil didikan siapa? Lu pikir Nurdin M. Top & DR. Azahari berasal dari kutub selatan? Ngaca deh! Lu orang Malaysia kan budaknya Inggris, mana berani ngebom negeri sendiri… demo aja baru orang India yang berani ngelakuinnya…

    Balas
  11. saphire

    saat folder budaya tak pernah lagi terbaca
    dan ketika anti virus “cuma bisa niru.com.cape deh\\!!#??”tak lagi di up-date
    apalagi back-up data file-file anak bangsa gak lagi terurus
    maka tunggulah sang hacker memainkan perannya

    Balas
  12. bobot

    bee.. gue nggak tau sepa guru nya.. gue pun ingin tau sih.. jangan2 korannya ataupun nabinya yang mau orang bukan islam mati. atau memang budaya kamu suka membunuh sih.. gue cuma kesian sih sama kamu yang banggain dengan suku2 bangsa yang banyak banget tapi lama2 jadinya sikit kalo kamu ngebom semua gereja2 di indonesia. betul gue stuju kami nggak brani ngebom negeri sendiri, sebab semua manusia layak untuk hidup.. setiap nyawa itu berharga, klo kami budaknya inggeris, kamu pula budaknya belanda.. tapi orang belanda sendri nggak ada ajaran ngebom gereja suka hati.. gue suka kebudayaan gue, gitu juga sama budayanya bali..maupun jawa. oya dr.azhari orang melayu yang memangnya sejarah asal kepulauan maluku dekat indon juga.. dia nggak ada kebudayaan kaya macam suku iban di sarawak, atau murut di sabah sebelah timur malaysia. dia cuma takut pakai kebudayaan di sebelah timur malaysia kerna agamanya nggak cun gitu.. cobalah kalian google kan orang iban, murut, kadazan, dusun, melanau, lundayeh.. pasti kalian terkejut kayanya budaya malaysia. pasal lagu rasa sayange tu, nggak apalah, sudah dibritakan umum yang lagu itu memang miliknya indonesia. jadi segalanya ok..

    Balas
  13. meha

    waduh, kok jadi kaya’ tjd “perang” di blog ini.
    wajar klo org indonesia membela bangsanya (n qta hrs bangga jd orang Indonesia. cinta bangsa jg diajarkan dlm agama), org malay jg berhak membela bangsanya. cuman kesannya masing2 jd subjektif n saling mencela.
    atasi segala sstnya dg akal sehat, rasionalitas, n obyektivitas.
    klo ga rela aset bangsa diaku2 bangsa lain, mulai dr diri sendiri, cerminkan klo org2 Indonesia berkualitas, ga kalah ma bangsa lain. mulai dari mana??? dari diri sendiri kan…
    inget 3M-nya Aa Gym. mulai dari diri sendiri, dr yg kecil, n dr sekarang (eh, iya kan gitu. jgn2 salah ngutip.he….)
    salut ma salah satu iklan yg nasionalis (ga nyebut brand ah). yg modelnya Agnes ma Butet tu lho…. coba media Indonesia lebih gencar dlm mempromokan budaya Indonesia yg eksotis. pastinya qta jg lbh bangga..
    banyak org Indonesia yg keinginan terbesarnya adl jalan2 ke luar negeri. kesannya bangga gitu..pdhl hrsnya sbl jln2 ke luar negeri coba dulu jln2 ke semua daerah di Indonesia plus pariwisatanya. ga kalah eksotis deh kaya’nya.
    walopun meha jg pengen ke luar negeri tp buat studi (tmsk ga nasionaliskah?). klo dah nyerap ilmu yg ada di negeri orang, baru balik lg n aplikasikan di negeri sendiri.
    he….too perfect yah. cita2 boleh kan….. =)

    Balas
  14. Pudjo Bintoro

    “Rasa Sayange” kok, ributnya baru sekarang!!

    Selasa 25 Desember 1984, 24 tahun yang lalu saya sempat nonton TV Malasia dalam acara “Rasa Sayang Krismas” diacara tsb lagu Rasa Sayang dinyanyikan dengan bagus/meriah oleh 10 personil anak-anak SR dengan pakaian Nasional mereka.
    Pemerintah Malasia pasti punya dok acara tsb. or dokumen lain yg menguatkan klaim bahwa Rasa Sayange milik mereka. Malasia siap menunjukkan bukti tsb bila Indonesia menuntut scr hukum, kalau cuma statemen2 yoo.. mereka anggap angin lalu saja, ngabisin energi ….katanya
    Opo Indonesia peduli/siap dengan dokumen2 yang dapat dijadikan bukti klaim kita?. Thanks –npb-

    Balas
  15. Iwan

    Malayu anjing!, merdeka aja nggak keluar keringat, apalagi darah, umpamanya dulu sama tuan2 inggris nggak dikasih kemerdekaan, anjing2 melayu itu nggak bakalan minta. Lihat aja tentaranya kalau baris kayak bencong. Kapal perangnya ditubruk…..eeeee…malah kabur, dasar anjing pengecut. Bayangin ada satu regu pasukan katak armada timur naik ke kapal perang melayu di ambalat naik perahu karet, sampai di atas kapal, ee…malah ditawari minum kopi. Lagu aja nggak bisa buat, udah measa hebat, ya itulah anjing, otaknya nggak ada, suaranya aja yang keras, didatangi….malah kabur. Bener juga tuh kata tuan rafles, kalau orang2 melayu itu pemalas.

    Balas
  16. Topan

    Fuck malaysia, bangsa tak punye budaye yang hobinye menjiplak budaye bangse lain. Yang merdeka kerana belas kasih penjajahnya. Yang suka menggeser-geser batas wilayah negarenye kerana kurang lebar. Yang suka menyiksa pembantu rumeh tangge. FUCK YOU ALL!!

    Balas
  17. Devi

    apa juga malysia yang katanya maju tp suka menjiplak apa disana ndak ada dinas kebudayaan,jgn macam-macam budaya aceh punya kalian kalo sempat awas ya

    Balas
  18. miksal

    masak semaju kaliian tidak ada dinas kebudayaan gimana bisa maju bangsa tanpa ada kebudayaan.saya dari aceh jgn sampai mengakui tarian saman ,seudati dan songket aceh punya kalian.dasar bangsa miskin lhoo

    Balas
  19. kurnia

    ya kalo kitanya juga ngajakin perang malaysia kemungkinan kita kalah,iya bener bgt malaysia tuh ga punya malu bgt,kalo gue jadi warga sana sih malu karena negaranya nyuri lagu” indonesia,ya jelas sih secara indonesia musisinya itu keren2 smpe” radio swasta si sana lagu indonesia malahan karena radionya bingug lagu malaysia yang mana yg bagus,tau kenapa manohara di culik?krn di malaysia ga da cwe cantik smpe2 rajanya aja istrian org indonesia,bener kan?malaysia tuh ga punya kehormatan!

    Balas
  20. baim

    INTINYA MALAYSIA ITU ANJING…JANCOK..KEPARAT…BABI NGEPET…KALO ADA GADIS2NYA KESINI KITA PERKOSA AJA…TAPI MUKANYA TUTUPIN DULU COS JELEK2 ..DARIPADA ENTAR MUNTAH….MALYSIA NJING…ANJING…

    Balas
    1. delarocha

      bener banget tu bro…gue juga udah jijik dengan yang namanya malysia…mereka benar2 kayak udah gak hargain negri kita lagi…padahal dulu mereka blajar kesini..sekarang mereka geludahin kita.nginjak2 martabat kita,mentang2 perekonomian mereka udah lebih baik dari kita..lanjuuut…

      Balas
  21. norwand

    Malaysia keparat…. dengan sengaja nyuri tapi ngerasa bener, belon lagi ambalat, tki yg disiksa, manohara, lagu rasa sayange, trus kapal patroli sengaja masuk perbatsan ~kabur lagi masuk lg… payaah. Ashari n M Top? sengaja bom indonesia biar turis larinya ke malaysia…..

    Balas
  22. byn

    MALAYSIA TUKANG COPY!!!!!! petronas aja bangga, kalian nggak punya warisan jaman dahulu kala. kaya borobudur dan temen2nya. borobudur kan termasuk dalam 7 keajaiban dunia. udah ambalat mau di ambil, manohara disiksa, lagu kita diambil. konsisten dong! katanya negara maju, kok NGOPY bisanya. iiihhh mau jadi apa kalo ngopy?? katanya indonesia negara jelek tapi di COPY juga punya kita! dasar!! kalo mau maju tuh nggak NGOPY . kaya Indonesia dong, kita berdiri karna usaha kita sendiri. nggak pernah yang namanya NGOPY negara lain. dasar….. !!!

    Balas
  23. nexus

    WAHAI PAK CIK & MAK CIK ,,,,,,,,,,,,,
    NEGARA KU SUDAH KAU PORAK – PORANDAKAN KARENA BOM OLEH 2 ANJING KIRIMANMU & DENGAN MEMANFAATKAN PUTRA-PUTRA BANGSA INI.PULAU KAMI SUDAH KAMU AMBIL, LAGU KEBANGSAAN SUDAH KALIAN INJAK – INJAK LIRIKNYA, SEKARANG KALIAN MAU MEREBUT SEMUANYA MILIK KAMI.
    KALAU RAJA DAN PUTRA KELANTAN KALIAN YANG IMPOTEEEEEEEEEN ITU MENGINGINKAN PERANG!!!!!!!!, JANGAN DULU DEH. DI INDONESIA ADA MAK EROT. RAJA DAN PUTRA KELANTAN KALIAN BISA BEROBAT DI INDONESIA. SETELAH TOCK CEEEEEEEEER, BARU KITA PERANG OKE.

    Balas
  24. nexus

    BANGSA MALAYSIA PENGECUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUT.
    KALAU BERANI TURUNKAN SERDADU KALIAN KE TANAH INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!
    SELURUH BANGSA MALAYSIA SUDAH SIAP UNTUK KITA BIKIN SANGSANG.
    SETUJU WAHAI BANGSA INDONESIAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!
    SAY TO WAAAAAAAAARRR

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s