Sistem Pengamanan Gagal

Beberapa waktu lalu saya menghadiri Sharing Vision, salah satu sesi diisi oleh Budi Rahardjo pakar security di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa sebagian besar perusahaan-perusahaan berlomba-lomba membangun sistem keamanan untuk melindungi perusahaan mereka dari orang-orang yang berniat jahat, namun seringkali sistem keamanan itu menjadi tidak berfungsi karena beberapa faktor yaitu kultur perusahaan itu dan SDM-nya.

Saya setuju dengan pendapat beliau. Saya sendiri pernah mengalami hal seperti itu, saya beberapa kali mengunjungi perusahaan yang tergolong besar dan mempunyai fungsi vital di daerah Sabuga. Untuk memasuki kantor perusahaan tersebut para tamu diminta KTP untuk ditukarkan dengan kartu ID yang menunjukan bahwa kita itu tamu atau visitor. Akses pintu pertama pada lantai dasar hanya dapat dibuka dengan kartu ID yang dimiliki satpam atau para pegawai disana.

Namun anehnya pada lantai-lantai berikutnya, untuk masuk kita kesulitan karena satpam penjaga tidak ada di tempatnya. Jadinya saya minta tolong dibukakan pintu oleh pegawai disana yang mau masuk atau keluar, dengan cara itu pula saya dapat bebas memasuki semua lantai.

Kalau seperti itu apa gunanya, perusahaan mengeluarkan biaya untuk kartu ID dan apa gunanya pada setiap lantai diberi meja satpam, tapi satpamnya tidak ada, cman di lantai dasar saja. Jadinya Mubazir dan untungnya saya bukan orang yang berniat jahat pada perusahaan mereka he he he 🙂

One thought on “Sistem Pengamanan Gagal

Tinggalkan Balasan

