Kenapa ambil hukum bisnis ?

Insyallah besok Senin tanggal 7 Mei 2007, saya maju sidang Usulan Penelitian. Sidang ini merupakan salah satu syarat sebelum sidang thesisnya nanti. Yang harus dipresentasikan dan dipertahankan di hadapan para penguji adalah kenapa kita ambil judul ini dan apa yang diteliti. Jika sukses mempertahankan maka kita dapat melanjutkan menyelesaikan thesis ini.

Saya sudah tahu jadwal sidang UP ini sekitar 4 hari sebelumnya, tapi baru hari ini saya mempersiapkannya, nggak tau kenapa baru ada mood sekarang, mepet ya. Saat ini saya sedang mempersiapkan slide-slide presentasinya, harus pinter-pinter milih mana yang harus dipresentasikan agar penguji dapat cepat menangkap arti tanpa harus bosan mendengar ocehan saya ha ha ha.

Dari dulu hingga sekarang, saat menghapi ujian atau sejenisnya, komentar orang tua atau teman-teman selalu sama : “Yan, kamu kok nggak ada tegang-tegangnya atau apa gitu, belajar atau siap-siap apa gitu”

Padahal saya sebetulnya tegang juga, hati ini dag dig dug menunggu hari H-nya, tapi saya berpikir kalau terlalu tegang malah kacau nanti, baik saat persiapan maupun saat sidang nanti. Tapi memang untuk sidang kali ini saya ada perasaan tegang yang lebih besar. Jujur saja saya ambil hukum bisnis karena saat S1 dulu saya kurang menguasai sebab saya kurang suka dengan materi hukum-hukum perdata.

Artinya saya merasa ada yang kurang saja, kok lulus kuliah hukum tapi nggak komplit pengetahuan hukumnya. Makanya saya nekat mengambil hukum bisnis yang saya tidak begitu suka saat S1, artinya untuk sidang besok saya mesti kerja keras lagi belajar dasar-dasar hukum perdata lagi.

Oh, iya saya meneliti tentang “Perlindungan Hukum Pemilik Smart Card Dalam Transaksi Perbankan”. Siapa tahu ada yang yang mau memberi masukan atau saran kepada saya 🙂

30 thoughts on “Kenapa ambil hukum bisnis ?

  1. meha

    ooo…jd klo S2 mo ngusulin penelitian musti pake presentasi jg ya??
    trus skrg mestinya dah slese thesisnya kan? sukseskah?
    kbtulan meha backgroundnya ekonomi, pernah jg ambil kuliah hukum bisnis tp kurang ngeh juga. lha ada istilah hukumnya, berurusan dengan undang2, banyak hapalannya.puziing…
    klo orang hukum mbaca literatur ekonomi mebi jg rada pusing. jd sama2 pusing…
    he….=p

    Balas
  2. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ Meha
    Iya, mau UP atau tesis, semuanya pakai presentasi. Waktu kuliah juga lebih banyak ber-presentasi. Alhamdulillah sudah selesai kuliahnya. BTW, kalau undang-undang jangan dihapalin he he, pusing. Hakim aja kalau bersidang nggak pernah hafal isi undang-undang, dia pasti lihat undang-undang, kecuali beberapa pasal-pasal dasar.

    @ Mirza
    Informasi apa yang mau ditanyakan ?

    Balas
  3. Chuppy

    wah asyik ne…hukum bisnis…
    sama ne aq jg pengen ngambil hukum bisnis…
    tp msaih bingung antara HTN&hukum bisnis
    jg takut g bisa nguasain cos banyak skali lingkupnya…
    boleh tau g kelebihan belajar hukum bisnis?
    sekalian minta informasi dong ttg h.bisnis?

    makasih banyak..

    Balas
  4. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    Masih bingung ya ambil hukum bisnis atau HTN ? Kalau menurut aku, terserah aja mau pilih yang mana. Chuppy lebih ingin menggeluti atau lebih tertarik yang mana.

    Kalau aku ambil hukum bisnis karena merasa saat lulus dari semua bidang ilmu hukum, yang kurang aku kuasai ialah kajian hukum bisnis.

    Kelebihannya kita lebih mendalami aspek-aspek hukum bisnis aja, seperti pasar modal, kejahatan bisnis, kontrak internasional dll.

    Balas
  5. Pandu

    Mas Rayyan, aku juga lulusan FH jurusan Hukum Ekonomi & Bisinis, bisa tukar pikiran dong nih. Bidang Hukum Bisnis kan luas dan yang pasti di era sekarang lulusannya lebih diutamakan oleh perusahaan2 untuk posisi legal. Saya sendiri bekerja sebagai Corporate Legal Officer di perusahaan Telekomunikasi…..pokoknya kompleks deh kerjanya…

    Balas
  6. yurieke

    mas, mau minta masukan ney. aku lulusan S1 Ekonomi dan berencana untuk lanjut S2 tapi masih bingung antara ambil Mmanagement ato Mhukum bisnis. sebenarnya sey pengen banget Mhukum tapi kira2 bisa g ya???mengingat S1 ku Ekonomi Management, n kira2 peluang kerja ke depannya gimana???krena ju2r aku g bgitu suka marketing jd klo balik ke Ekonomi lagi maleshh…

    Balas
  7. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ Pandu
    Ayo kita berdiskusi 🙂

    @ Yurieke
    Kalau lebih condong ke MH kenapa tidak diambil aja, pasti bisa kok. Lagipula Mhukum Bisnis memang dapat diambil dari semua disiplin ilmu, teman sekelas saya dulu ada yang dari Sastra dan banyak dari Ekonomi

    Untuk peluang kerja, menurut aku semua disiplin ilmu peluang kerjanya sama, tergantung usaha masing-masing. Sebagai gambaran saja, nanti di Hukum Bisnis kita banyak belajar Hukum Pasar Modal, Hukum Dagang baik nasional maupun internasional, kontrak, industri, HaKI, Kejahatan Bisnis, Tanah, Pajak dan lain-lain. Tuh khan banyak aspek yang dipelajari dan banyak pula peluang kerja di aspek-aspek itu 🙂

    Semangat …

    Balas
  8. naazmu

    Ikutan nimbrung ahh…..
    saya ingin berbagi pengalaman nih,saya juga basic-nya dari ilmu Fisip jurusan Hubungan Internasional. kebetulan saya juga sekelas bareng Rayyan di Magister Hukum Bisnis. dan menurut pengalaman saya yang basicnya bukan dari hukum ternyata cukup menarik belajar hukum,memang pada awalnya saya merasa aneh,ini mungkin dkarenakan belajar suatu bidang yang waya awam sama sekali. tapi seiring waktu alhamdulillah saya dapat mengikuti mata kuliahnya walaupun kadang-kadang banyak juga istilah2 hukum yang saya tidak ngerti. jadi saya harus banyak tanya ke teman2 saya yang basicnya dari hukum,nah salah satunya bung Rayyan ini,hehe…:).
    saran saya; mba Yurieke pasti bisa,dan ngga usah malu buat nanya dan diskusi bareng teman2 yang lain,mereka juga sama kok banyak yg awam ttg hukum bisnis.jadi bisa sama2 mulai dari nol…:)

    Balas
  9. riski

    hai mas
    aku masih bingung ne ttg hukum bisnis
    tapi aku suka dan tnpa ada paksaaan ambil jurusan ini
    jadi mohon bantuannya
    dan apa pokok utama yang dibahas dalam hk bisnis?
    thank

    Balas
  10. abay

    mas,,mas,,
    salam kenal ya..
    mas, aku mau minta saran ya,,
    aku kul bukan jur hukum, ya, krn aku mmanx ga suka ma pelajaran yang ngapalin gitu. aku ada matkul hukum bisnis. jujur aku seneng ma materinya, dosennya juga ngerti. tapi, yg jadi msalah, knpa aku pling mlez ya bljar kaya gitu??ampe nilai aku ancur smua.hiks,,hiks,,

    Balas
  11. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ riski
    Yang dibahas dalam hukum bisnis adalah semua hukum yang berkaitan dengan dunia bisnis, misalnya Pajak, Pasar Modal, Tanah, Kejahatan Bisnis, Perdangan internasional, Kontrak dan lain-lain 🙂

    @ abay
    Wah berarti kita sama dong mas, saya juga tidak suka menghafal. Dalam mempelajari sesuatu saya berusaha untuk memahaminya saja. Mungkin mulai sekarang mas bisa mulai memperbaiki nilai mas yang kurang. Semangat yo mas.

    Salam kenal juga 🙂

    Balas
  12. luhut

    Pak, saya rencana bulan sept akan ambil s2 hukum ekonomi
    saya awalnya bingung krn s1 saya dari pertanian,
    saya mau nanya nih pak, kita kesulitan gak ya nantinya mengikuti kuliahnya?

    Balas
  13. riza

    salam kenal mas, saya lagi dapat mata kuliah hukum bisnis kebetulan dapet tugas soal pengangkutan dan aspek pajak, tapi saya belum dapat aspek pajak dalam hukum bisnis mungkin mas bisa bantu terima kasih

    Balas
  14. Chris

    Salam kenal mas… Saya sedikit tau banyak masalah hukum yg bener, sy pengen belajar bnyak mslh hukum apalagi skrg ini penting banget ngerti mslh hukum yg bener kl qta bener2 berkecimpung di dunia bisnis biar ga di bo’ongi org…

    Balas
  15. maya

    mas…
    seneng skali rasanya saya bisa buka bloq ini..
    saya mahsiswa smster 6, n konsentrasi k hukum ekonomi,bisa tolong bantu2 cari judul skripsi gak mas…hehe
    n kira2 peluang kareja dari hk ekonomi bagus gak ya mas..?
    makasiy

    Balas
  16. Rayyan Sugangga Penulis Tulisan

    @ maya
    Menurut saya apapun disiplin ilmunya, peluang kerjanya bagus semua kok. Tergantung kita nanti tertariknya dibidang pekerjaan apa 🙂

    Untuk judul skripsi, suka tema apa ?

    Balas
  17. irma

    saya mahasiswi fak hukum,semester depan saya akan mengajukan judul skripsi tapi saya masih bingung ambil judul apa??apa teman2 bisa membantu….saya ambil hukum bisnis…thx

    Balas
  18. Siantara

    Istri saya lulusan S1 Pertanian. Cari S2 jurusan Hukum bisnis.
    Univ mana yang terdekat di Jakarta Timur ?? Kami tinggal di Pulo Gebang.
    Terima Kasih sebelumnya….

    Balas
  19. yashinta0sanggor

    saya lulusan S1-ekonomi (Manajemen) dan lulusan S2-MM(SDM),sekarang ini saya mahasiswa baru angkatan 2011 diFakultas hukum program pascasarjana dijayabaya untuk jurusannya saya ambil yang hukum bisnis,kira2 peluang apa ya yg cocok dengan bidang saya,tolong infonya ,TQ

    Balas

Tinggalkan Balasan

