Rayyan Sugangga

Syukuran dan Tausyiah Haji

Posted in Keluarga, Teman-Teman by Rayyan Sugangga on November 3, 2008

Kemarin sore (2/11/08) di tempat kami diadakan syukuran untuk mengantar teman-teman kami yang akan menunaikan ibadah haji. Ada pembacaan doa, shalawat dan ayat suci Al-Quran secara bersama-sama. Selain itu secara bergantian teman-teman yang akan menunaikan ibadah haji ini membacakan wasiat dan pesan kepada semua keluarga, kerabat dan pada semua yang hadir.

Salah satu pesan teman kami yang akan berangkat mengatakan bahwa jika memang kita sudah mampu sebaiknya kita jangan menunda-nunda menunaikan ibadah haji . Karena ini merupakan undangan dari Allah SWT. Jangan sampai kita lebih mementingkan undangan dari manusia dibandingkan undangan langsung dari Allah SWT.

Ucapan selamat menunaikan ibadah haji kami berikan kepada Pak Faraday beserta Istri, Pak Bambang beserta Istri, Pak Budi Rahardjo beserta Istri dan Ali Akbar

* * *

Berikut adalah resume dari Mas Wendy yang didengar dari tausyiah syukuran haji yang disampaikan oleh Ustad Miftah, kemarin :

Orang yang berhaji itu ibaratnya sebuah mutiara, mutiara yang akan dipecah karena ketika dia berangkat haji maka dia akan meninggalkan semua urusan duniawinya. Hendaknya jika kita sudah mendapat panggilan-Nya janganlah sekali-kali kita menunda-nundanya kerena tidak semua orang bisa mendapatkan penggilan Itu.

Ada sebuah cerita tentang seorang tukang delman yang ingin naik haji, dia bercerita tentang keinginannya itu kepada seorang temannya yang sudah menjalankan haji, temannya itu berkata sesungguhnya jika engka memiliki niat yang tulus dan ikhlas untuk berangkat haji maka aku punya doa yang bagus untuk mu, doa ini juga pernah di sampakan oleh Rasul Muhammad SAW kepada seseorang yang akan berangkat haji setelah beberapa hari, ada sepasang orang tua yang ingin berangkat haji mereka memiliki cukup harta untuk berangkat namun kondisi mereka sangat lemah jika menempuh perjalanan haji.

Maka sepasang orang tua itu minta tolong dicarikan seseorang yang cukup kuat untuk melayaninya selama haji dan sebagai imbalannya dia akan membiayainya untuk ikut berhaji pula. Akhirnya dipilihnya tukang delman tadi, malah seorang delman itu menjawab jangankan sepasang orang tua itu, sepuluh orang pun akan iya layani asalkan ia bisa berangkat haji. Betapa besarnya keinginan seorang tukang delman ini untuk berangkat haji, dia memiliki fisik yang kuat, tekat yang kuat, serta persiapan yang cukup hanya saja ia belum mempunyai biaya yang cukup.

Singkat cerita akhirnya berangkatlah sepasang orang tua yang sudah lemah tersebut bersama si tukang delman tadi, sesampainya di mekah ternyata keadaanya malah berbalik, sepasang orang tua tadi merasa cukup kuat dan mampu untuk mengikuti semua kegiatan haji di sana bahkan mereka masih sanggup untuk melakukan parjalanan jauh. Berbeda halnya dengan si tukang delman tadi ia malah sakit-sakitan dan tubuhnya kelihatan lemah sekali, akhirnya selama haji sepasang orang tua tadilah yang melayaninya membantunya selama melakukan ibadah haji.

Pesan yang tersirat adalah :

  1. Jika kita sudah mendapat panggilan untuk melaksanakan haji dariNya maka kita harus menyegerakannya jangan menunda-nundanya karena Allah berjanji akan memberikan umatnya tersebut kemudahan dan kelapangan dalam melaksanakannya.
  2. Jika kita ingin berangkat haji maka handaknya jangan kita memikirkan permasalahan-permasalahan kita didunia karena sebaik-baiknya kita kembali ke padaNya adalah ketika kita dalam keadaan suci (berhaji).

Ustad Miftah juga mengatakan kalau disuruh memilih untuk meninggal dunia, saya memilih meninggal dunia ketika sedang melaksanakan haji di tempat suci dalam keadaan sucipula, insyaallah pahala dan syurga adalah imbalannya. Amin.

8 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] dengan hari libur. Tahun ini juga bertepatan dengan hari Minggu, namun bertepatan dengan acara kantor kami. Jadi nggak bisa kabur melarikan diri he he […]

  2. rindang said, on November 3, 2008 at 1:32 pm

    Selamat ulang tahun mas Fran!! :)

    *mas Rayyan tolong sampain ke mas Fran ya.. hehehe.. terimakasih :)

  3. rindang said, on November 3, 2008 at 1:35 pm

    he.. salah tempat komen.. hihihi.. maaf..

    oiya.. selamat ya semua yang akan menunaikan ibadah haji.. semoga menjadi haji yang mabrur.. amin..

  4. lintasmarketing said, on November 4, 2008 at 8:13 am

    Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

  5. doelsoehono said, on November 4, 2008 at 10:44 am

    Salam

    Selamat semua yang akan memenuhi panggilan Alloh

    semoga tidak lagi menengok ke belakang Tapi pandangan lurus ke depan

    Semoga menjadi Haji mabrur

  6. Rindu said, on November 6, 2008 at 10:28 am

    Saling maaf memaafkan adalah bagian dari perjalanan haji mas … sehingga bersih ketika kita menapaki rumah ALLAH.

    semoga begitu yang ada di jiwa jiwa yang hendak berangkat ke tanah suci, karena silaturahmi melancarkan perjalanan.

    itu kata guru mengaji saya yang kemarin juga syukuran haji ….

  7. liferiezkhalive said, on November 7, 2008 at 3:49 am

    smoga perjalanan memenuhi panggilanNya lancar semuanya ya…

    ^mudah2an cepet dapet panggilan juga^

    amiiinnnn
    ^-^

  8. Nadiah Alwi said, on November 20, 2008 at 9:31 am

    Selamat. Semoga menjadi haji yang mabrur. Amin.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: