Rayyan Sugangga

Tips Manjur Untuk Flu

Posted in Kesehatan by Rayyan Sugangga on Februari 26, 2008

smurfs_picture_sick_smurf2.jpgDimana-mana terdengar batuk dan bersin. Suara sebagian teman-teman juga berubah, karena radang tenggorokan. Sekarang memang musimnya sakit flu . Mungkin karena beberapa minggu ini cuaca sedang tidak bersahabat.

Saya punya tips manjur untuk menyembuhkan flu yang saya dapat dari Ibu. Biasanya kalau saya sakit flu, Ibu mengobati dengan cara ini dan masih saya gunakan hingga sekarang.

Untuk mempercepat proses kesembuhan karena flu adalah makan sesering mungkin, minum obat flu, minum air putih dan istirahat. Tetapi kunci utamanya terletak dari apa yang kita makan. Jika sakit flu, perbanyak makan-makanan yang berkuah dan panas. Lebih bagus makanan berkuah yang mengandung kaldu ayam atau kaldu sapi yang dimakan panas-panas dengan nasi, dijamin setelah mengkonsumsi ini , angin dan keringat akan keluar banyak.

Setelah itu minum obatnya (biasanya saya cukup minum obat yang berada di pasaran saja, seperti decolgen atau decolsin, jika ada batuknya saya beralih ke OBH Hitam). Setelah minum obat, sangat bagus jika kita gunakan untuk tidur sejenak agar obatnya bekerja lebih maksimal. Jangan lupa juga jika pakaian yang kita pakai sudah basah karena keringat yang keluar, segera ganti dengan pakaian yang kering.

Oh iya ada pantangannya juga kalau mau cepat sembuh, kalau bisa jangan kena angin dulu, gunakan pakaian yang rapat sepeti jaket. Lalu hentikan sementara minum yang dingin-dingin. Oke, semoga tips ini bisa membantu dan semoga teman-teman yang sedang kena flu dapat cepat sembuh.

About these ads
Tagged with: , ,

63 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. raddtuww tebbu said, on Februari 27, 2008 at 2:06 am

    >>aku baru sembuh dari radang,,
    mungkin cara penyembuhannya yang salah ya,, soalnya tadinya pilek,, trus makan bakso yang panas,, ditambah cabe,, pedessss bgt,, habis itu malah jadi radang tenggorokan,, tp sekarang udah sembuhhhh,, :mrgreen:

  2. Sheltherin said, on Februari 27, 2008 at 5:22 am

    sama aku waktu kecil selalu minta bakso….favoritku waktu di banjarmasin.
    jadi kalo flu demam dll jarang pasti lebih sering makan bakso ketimbang ke puskesmas.

  3. Sayap KU said, on Februari 27, 2008 at 10:36 am

    Ada yang ketinggalan … pake minyak kayu putih atau vicks balsem agar hangat di dada dan punggung. :)

    -Ade-

  4. Rayyan Sugangga said, on Februari 27, 2008 at 11:03 am

    @ Ratu Tebu & Sheltherin
    Aku pernah sembuh dalam waktu sehari. Saat flu, aku main sepakbola pagi,siang dan sore, kebetulan saat itu ada kompetisi. Di saat istirahat, aku makan makanan yang berkuah panas-panas plus sambal, seperti baso dan soto. Hasilnya saat sore, flu lenyap seketika. Tapi muka jadi terbakar sinar matahari ha ha ha

    @ Sayap
    Yup betul Kata Ade, jangan lupa pakai minyak kayu putih atau balsem vicks. Jangan pakai kaos kaki juga …

  5. amir said, on Februari 27, 2008 at 1:30 pm

    Mas makasih atas tips nya, tapi males nyarinya euy, ya makan seadanya aja :)

  6. indra kh said, on Februari 28, 2008 at 2:14 am

    Lagi flu nih. Tapi mau nurutin saran Mas Rayyan susah, soalnya lagi jauh dari istri, saya lagi di Jakarta sampai akhir pekan, jadi enggak ada yang masakin :D Padahal sop ceker ayam wuihh lezato pasti

  7. Rayyan Sugangga said, on Februari 28, 2008 at 2:22 am

    @ Amir & Indra KH
    Berarti kondisi Mas Amir & Mas Indra sama ya, sama2 jauh dari Istri he he he
    Hmm … cari aja yang gampang2 aja mas, seperti soto ayam, soto daging, sop buntut atau sop kaki, yang penting berkuah panas :)

  8. Primus said, on Februari 28, 2008 at 8:47 am

    Kalau saya seh paling malas dan sebel kalau sakit flu . . . soalnya ngak bisa ngapa-gapain . . . tipsnya seh habis minum obat flu tidur sepuasnya dan minum air sebanyak-banyaknya …

    • Munsir ansori said, on Februari 10, 2012 at 1:25 pm

      Tpi bgusnya mnum air yg hngat2 biar bdan brkrngat….

  9. Rayyan Sugangga said, on Februari 28, 2008 at 9:10 am

    @ Primus
    Nggak bisa ngapa2in & nggak ada yang ngerawat.
    Makanya cepat-cepat nikah, biar ada yang ngurus :P

  10. setyoas2ti said, on Maret 2, 2008 at 2:20 am

    iya sih kena flu hrs minum byk dan istirahat tp klo minum byk mesti sering pipis gmn mesti istirahat ?

  11. daeng limpo said, on Maret 2, 2008 at 5:41 am

    saya pernah nyobaketika terserang flu…olahraga pakai baju parasut jam 1 siang selama satu jam…habis itu pileknya hilang…cuman yang datang kemudian …..pegel linu

  12. Rayyan Sugangga said, on Maret 10, 2008 at 8:02 am

    @ setyoas2ti
    Iya tante wid, biasanya kita harus bolak-balik kamar mandi. Mau cepet sembuh nggak he he

    @ daeng limpo
    Saran mas daeng juga jitu tuh :)

  13. Rulz said, on Maret 16, 2008 at 4:17 am

    Ya neh,sama aku juga lagi pilek,batuk dan tenggorokan buat nelen sakit.. Di tambah lagi kemarin sore bis futsal. Gimana ya solusinya?

  14. Rayyan Sugangga said, on Maret 16, 2008 at 4:35 am

    Masalah tenggorakan yang sakit kalau buat menelan sesuatu, sepertinya mas terkena radang tenggorakan, biasanya memang sudah satu paket dengan flu dan batuk. Perbanyak minum air putih aja dan pereda panas dalam, lama-lama juga hilang.

    Tetap berolahraga juga tidak apa2, tapi jangan terlalu berat. Meski tenggorokan sakit jangan lupa perbanyak makannya, pelan-pelan saja. Semoga lekas sembuh :)

  15. Herul said, on Mei 31, 2008 at 2:05 am

    saya mempunyai penyakit tenggorokan ,nafas sampai ngengap ditambah keringat juga.
    kasih solusinya dunk……….!

  16. Rayyan Sugangga said, on Mei 31, 2008 at 10:33 am

    @ Herul
    Wah sakit apa ya Mas Herul ? Kalau ini sebaiknya tanya ke dokter mas :) Biar aman …

  17. arco said, on Agustus 24, 2008 at 2:17 pm

    Saya mencoba mengikuti cara mbak,siapa tau bisa sembuh,soalnya saya lagi flue berat nieh

  18. yhe-yhen said, on Agustus 25, 2008 at 12:33 pm

    thanks banget atas tipsnya… buat aku yang sekarang lagi sakit demam, pilek, batuk, dan radang tenggorokan….

    trims……………………………………………………………………………………………………………………………………………. muach……………………………………………………….

  19. tukang ngartuni foto said, on Oktober 27, 2008 at 7:07 am

    terima kasih sharingnya.
    resep yang patut dicoba, secara saya lumayan doyan sakit flu.

  20. nidai said, on November 21, 2008 at 9:39 am

    Q flu dah berhari2 pi kog g sembuh2 ya…
    pdahal dah minum obat mcem2….
    pyeeeeeeeengggggggggg!!!!!!!!

  21. Robby Ginanjar said, on Maret 25, 2009 at 7:53 am

    Tks, y mas Rayyan atas tips nya.

    salam,

  22. spider-man said, on April 7, 2009 at 12:01 am

    ………………

  23. Bias Merdeka said, on Mei 8, 2009 at 12:25 pm

    thanks ya mas atas tipsnya, aku lagi sakit flu nih udah 2 minggu..

  24. Edobing said, on Agustus 24, 2009 at 4:44 am

    Banyak obat dan cara untuk penyembuhan dari serangan virus FLU/INFLUENZA, namun jangan lupa berdoa menurut keyakinan masing-masing setiap mau memakan obatnya.
    Semoga lekas sembuh !!! OKE ?!

  25. =aRSYIL= said, on Agustus 29, 2009 at 9:49 am

    Tips yg bgus.
    Kebetulan sy lg sakit nih.
    Salam kenal.

  26. Tri zulhijriana said, on Desember 8, 2009 at 6:09 am

    Thanks bngt ya ats infx.. Ggngu bngt nih flu,, mn gi ujian lg! Repot!!

  27. soeneaz said, on Februari 11, 2010 at 1:58 pm

    lw pke cra tu. . .brapa hri ru smbh?

  28. HELIUS said, on Maret 17, 2010 at 12:46 pm

    Thx y tipsnya gan!
    Kbtulan gw suka flu kalo brsin bsa ampe 10x skali brsin. .gile g tuh

  29. disease said, on April 5, 2010 at 8:44 am

    Wah infonya mantap, makan yang panas berkuah sedap sekali tuh, saking enaknya badanpun berkeringat..sehat deh, makasih postingannya. :D

  30. Asnadi said, on Mei 24, 2010 at 7:33 am

    Hai Cewek2 semua! Leh kenalan dong?

  31. Mengkel said, on Mei 24, 2010 at 7:41 am

    Gw jengkel kalo kena flu! Gw sering bgt marah2 ga jelas, kalo flu itu manusia, pasti gw ajak berantem.

  32. Dyta said, on Mei 25, 2010 at 4:10 am

    huuh

    gw jga sbel + ksel klo flu dtg menyerang ,,,
    kek skrg ini nech …….

    meleer truz ne idung gag da brhnti na ,,
    blm lgy d tmbh btuk dkit”,,
    tar break krja mw mkan soto eank pnaz ‘n pdas byar klwr smw..
    wkwkwkw

    oia,
    kra” flu itu smbuh na brp lma ea???
    sumpah!!!!! gag enq bngeeeeeeeeeettttttttt.

  33. DIMZ said, on Juni 10, 2010 at 8:37 am

    hahaha… aq jg lg kena flue e.
    ga enk bgt.
    tp berkat di suntik dokter, 1jam kmudian lgsung smbuh.
    aq ga boong.
    nek pgn murah lg, suntik di puskemas,
    cm 18rb kata tetnagga’q.
    coba aj,,

  34. Jakarta Apartment said, on Juni 14, 2010 at 10:47 am

    manjur juga tipnya

  35. mischief master said, on Juli 2, 2010 at 3:43 pm

    pas banget lagi flu neh…..
    boleh juga tuh d coba resepnya. makasih mas!

  36. tayudi said, on Juli 31, 2010 at 5:05 am

    ku gak suka

  37. penderita flu saat ini said, on Juli 31, 2010 at 4:34 pm

    wuih benci deh sm flu! makasih sarannya..
    akhir2 ini cuaca ga bs kompromi. btw tu yg buat radang tenggorokan, pepaya jadi obat no1 !!! cepet banget sembuhnya..

  38. aji lagi flu said, on Agustus 7, 2010 at 11:47 am

    hiks…… lagi kena flu sekarang ,pengen makan sop ayam sapi and the gank tapi bumbu dapur.dkk lagi mahaal kata nyokap,tukang sayur jadi jarang pada jualan
    :hammer:

  39. Ichya said, on Agustus 9, 2010 at 5:44 am

    gimana ya cara nya supaya ga flu & ga batuk lagi bhkan tenggorokan aku sering gatal ne ?
    mksih .

  40. dhoni said, on September 22, 2010 at 7:25 am

    skrg aq lg flu, td mlm tenggorokan jg sakit tp skrg dh sembuh krn aq punya resep jitu utk radang tenggorokan: ambil 4 jari jahe (jenis apa saja tp lbh ampuh jahe merah kalo ada), bersihkan jahe lalu panggang sebentar di atas bara api agar kandungan minyaknya keluar, iris tipis2 jahe tadi lalu diseduh dengan air panas, tambah sedikit gula, minum setiap pagi dan malam selagi hangat. Setelah 2 kali minum insya Allah radang tenggorokan lenyap, krn jahe punya khasiat anti inflamasi/anti radang. Resep ini sdh sering kupakai ketika kena radang tenggorokan dan hasilnya sungguh mengejutkan/cepat sekali menghilangkan radang tenggorokan. Kalo untuk sakit flu aku mengindari makan obat sebisa mungkin, karena dulu dari kecil kalo sakit sudah sering dikasih antibiotik. Sekarang aku mencoba menyembuhkan flu dg makan dan minum yg sering, makan buah yg banyak, istirahat, dan minum vitamin.

  41. Nur 'Aini Masyhuri said, on September 27, 2010 at 6:34 am

    Aku lg flu, setiap hr hrs ngeluarin kocek untk beli tisu, hmpr satu hari 50 lmbr tisu aku pake, biasanya kalo ibu ngasih oba namanya proporlish dr agen k-link, dan itu d mskkn ke hdg hny satu tetes, puerihnya mnt ampun tp tok cer, tp nanti aku coba untuk resep yg enaknich! Makan yg panas2 yg mengandung bumbu kaldu ayam atau sapi, pasti aku coba smbl ngisi perut, hehehehehe
    makasih y mas resepnya

  42. Faiz Suchao said, on Oktober 13, 2010 at 1:20 pm

    makasih mas infonya

  43. boedoet said, on Oktober 23, 2010 at 12:59 pm

    ijin share bos.. :-)

  44. ririe ayu said, on Desember 5, 2010 at 1:50 pm

    ya akan q coba,,,,,,,

  45. gayus said, on Desember 9, 2010 at 12:48 pm

    bner neh cepat sembuh makasih ya…………………..

  46. dion said, on Desember 13, 2010 at 10:30 am

    wow.. makasi mas info nya.. tak coba.. kepala jadi pusing, badan pegal-pegal trs malah jadi anget ne badan.. sekali lg tq atas info nya..

  47. ayu said, on Januari 14, 2011 at 3:47 am

    klo sudah flu jgn makan mknan yg byk mengandung zat perasa, bs jadi tggorokan akan sakit dan flu akn mnjdi batuk dan radang tggorokan

  48. Jual Rumah Jakarta said, on Februari 10, 2011 at 10:26 am

    Kata orang, flu gak bs diobati, cukup istirahat, bener gak ?

  49. Ayyhue Silky said, on Februari 12, 2011 at 11:16 am

    saiia lgy flu ni skrg … suara jadi agak sdikit brubah (kata orang sih bindeng) hahaha… apa tuh????
    mana nanti ada tes nyanyi lagy…
    gimana yaa caranya biar suaraku kmbali pulih???

    akku bkall coba deh tips yang di atas…
    moga mujarapp…
    hehehe :)

  50. aprilia jeje said, on Februari 16, 2011 at 4:30 pm

    tips yg sederhana…
    Tp mudah-mudahan aja mujarab..

  51. futri,,,,,, said, on Maret 14, 2011 at 10:27 pm

    ma’af yaaa,,,, saya hanya mw nambah comen ya,,,,
    Tp kna ya saya kok flue udah lama bget,,,, kira” udah 3 tahun deah,,, gak pernah hilang,,,,
    Stiap bgun pagi” flue,sampai” tegorokan saya sakit,,,,, gmna ya…….

  52. Jhonthit said, on Maret 28, 2011 at 2:41 pm

    Boleh juga infonya,..

  53. Mutiara Pembelajar said, on April 13, 2011 at 1:54 am

    terimakasih infonya

  54. Dewi ajah said, on Mei 13, 2011 at 1:57 pm

    Ak udh flu 2 mingguan + radang tenggorokan+batuk.skrg udh sembuh cuma untuk bindengnya kq blm ilang2. Blm lg kecapekan krja smp malem jd bikin ritme tidurku buat istirahat.mgkn gr2 kurang istirahat kali ya??

  55. yudha ari tonang said, on Juni 1, 2011 at 10:19 pm

    hadoohhh gak nahan nihhh FLuu… makasih ya mas bwat tips na… baru td saya flu.. langusng minum obat,… di bawa tdur gak nyaman bgt! T_T bikin sengsara bgt nih penyakit,,, besok deh saya mau makan bakso sebanyak2 nya,, ahahaha ^_^ sama beli C1000 penget cepet kelar dari nih penyakit

    thx infona mas..

  56. biah said, on Juni 7, 2011 at 1:41 am

    klo mkn bakso ato yg berkaldu…pasti mengandung bnyk minyak…bs2 tambah batuk n tenggorokan gatal…

  57. Nheeiya said, on Juni 18, 2011 at 2:08 am

    W. . .
    P!LEk nE. . .
    P obT’y. . ? PLEase. .
    HeLP mE. .

  58. Meila Risffa Wenny said, on Juli 7, 2011 at 2:21 am

    Tipsnya benar2 bermanfaat sekali..
    Insya Allah nanti saya akan coba..

  59. yulianti said, on September 24, 2011 at 3:38 am

    aq lg pilek nii…

  60. imriadi said, on Oktober 16, 2011 at 10:30 am

    thanks atas sarannya mas..
    Tp gmn mw mkn soup ayam,ane lagi jauh dr orang tua,,,denger soup ayam jadi ngiler sendiri…

  61. Nhurjanna Daud said, on Oktober 20, 2011 at 3:08 am

    gimana ya cara nya supaya ga flu & ga batuk lagi bhkan tenggorokan aku sering gatal

    5kcih………….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: